Dunia Hewan: Gorila Penangkaran Punya Cara Komunikasi dengan Manusia

By Utomo Priyambodo, Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Kabar baru dari dunia hewan: sejumlah gorila penangkaran mengembangkan kemampuan untuk mengeluarkan suara atau bunyi baru untuk berkomunikasi dengan manusia yang menjaga mereka. (Brent Stirton/National Geographic Magazine)

Nationalgeographic.co.id—Kabar baru dari dunia hewan, kawanan gorila penangkaran diketahui mengeluarkan bunyi, "Snough!" Rupanya, para gorila itu seperti sedang mengatakan, "Saya bilang, bocah tua, tolong berikan kami beberapa anggur."

Vokalisasi unik ini tampaknya telah dirancang oleh para gorila penangkaran untuk tujuan khusus berkomunikasi dengan manusia yang menjadi penjaga kebun binatang. Vokalisasi ini tidak pernah digunakan gorila ketika berinteraksi dengan gorila lain.

Menurut sebuah studi baru, penemuan panggilan seperti itu menunjukkan bahwa gorila mampu belajar vokal dan inovasi. Studi ini kembali menegaskan bahwa gorila adalah hewan yang pintar.

Penelitian sebelumnya pada kera-kera besar lainnya telah mengungkapkan bahwa baik simpanse maupun orang utan mengeluarkan suara baru ketika menghadapi situasi baru di penangkaran. Simpanse, misalnya, dikenal suka meniup raspberry ke manusia yang menjaganya, sementara orang utan lebih suka bersiul.

Dalam studi baru yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE ini, para peneliti merancang eksperimen untuk menentukan apakah kemampuan ini juga dimiliki oleh gorila barat yang ditempatkan di Kebun Binatang Atlanta. Enam gorila betina dan dua jantan diamati dalam tiga skenario eksperimental.

Skenario pertama menempatkan gorila dalam jarak satu meter dari penjaga kebun binatang yang sudah dikenal. Skenario kedua melibatkan seember anggur. Adapun skenario ketiga melibatkan penjaga kebun binatang yang memegang ember makanan.

Menurut para peneliti dalam studi ini, "gorila paling sering bersuara selama kondisi makanan-manusia (ada manusia membawa makanan), dengan sinyal vokal yang paling sering digunakan adalah suara atipikal spesies itu di suatu area antara bersin dan batuk... yang kami beri nama suara yang menarik perhatian (attention-getting sound/AG) atau 'snough'."

Panggilan ini, yang sebelumnya tidak pernah dijelaskan dalam repertoar vokal spesies tersebut, digunakan oleh empat dari delapan gorila yang terlibat dalam penelitian ini. Panggilan ini mewakili 85 persen dari semua vokalisasi yang teramati selama percobaan.

Para peneliti menjelaskan bahwa suara tersebut secara akustik berbeda dari semua panggilan lain yang biasanya dihasilkan gorila selama makan, seperti dengusan atau dengungan.

"Dalam penelitian kami, panggilan AG tidak pernah digunakan oleh gorila penangkaran ketika berkomunikasi satu sama lain, mendukung gagasan bahwa itu adalah suara baru yang bukan bagian dari repertoar komunikasi gorila-gorila yang khas dan itu muncul untuk memenuhi kebutuhan komunikatif untuk menarik perhatian manusia dalam pengaturan penangkaran," tulis para peneliti seperti dilansir IFL Science.

Memperluas penyelidikan mereka, para peneliti menjangkau para penjaga gorila di fasilitas-fasilitas lain di seluruh AS dan Kanada. Mereka menerima konfirmasi bahwa panggilan yang sama dilakukan oleh 33 gorila berbeda yang ditempatkan di 11 kebun binatang berbeda.

Namun, setelah memeriksa rekaman video dari 15 gorila ini, para peneliti penelitian hanya mengamati enam individu "mengendus". Hal ini menunjukkan bahwa vokalisasi tersebut mungkin baru dilakukan oleh sekitar 40 persen gorila barat yang ditangkarkan.