Peneliti Menemukan Spesies Anggrek Baru di Pegunungan Tanzania

By Wawan Setiawan, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ciri khas spesies anggrek yang baru ditemukan Rhipidoglossum pareense adalah banyak bunganya yang berkilauan dan relatif kecil. (Andreas Hemp)

Nationalgeographic.co.id - Ahli biologi Bayreuth PD Dr. Andreas Hemp telah menemukan spesies anggrek yang sebelumnya tidak diketahui di timur laut Tanzania. Spesies tersebut berasal dari genus Rhipidoglossum. Bersama rekannya dari Inggris, Dr. Phil Cribb dari Royal Botanical Gardens di Kew, London, ia telah menjelaskannya secara ilmiah dalam jurnal Kew Bulletin pada 29 Juli. Makalah temuan mereka diberi judul "Rhipidoglossum pareense (Orchidaceae: Epidendroideae), a new species from Tanzania."

Spesies baru tersebut diberi nama Rhipidoglossum pareense, sesuai dengan lokasinya di Pegunungan Pare Selatan.

Ciri paling mencolok dari anggrek yang baru ditemukan ini tingginya hanya beberapa sentimeter. Memiliki bunga yang berwarna putih. Jika anggrek ditahan di bawah sinar matahari, bunganya tampak berkilau. Bunganya lebih kecil tetapi lebih banyak daripada spesies anggrek terdekat, Rhipidoglossum leedalii. Perbungaannya jauh lebih kompak dan menyerupai bunga bakung di lembah.

Rhipidoglossum pareense tumbuh di hutan awan pada ketinggian di atas 1.500 meter. Ia ditemukan oleh Dr. Andreas Hemp dari Departemen Sistematika Tumbuhan di Universitas Bayreuth selama pekerjaan penelitian. Pepohonan di sini hanya mencapai ketinggian sepuluh meter dan ditumbuhi lumut, pakis, dan anggrek yang lebat. Rhipidoglossum pareense juga termasuk epifit ini.

“Spesies anggrek yang sekarang ditemukan mungkin karena kondisi iklim yang sangat tidak biasa. Di hutan awan Pegunungan Pare Selatan, meskipun seringnya hujan hanya 700 milimeter setahun. Namun ada juga curah hujan kabut, yang dua hingga tiga kali lipat jumlah ini,” kata Hemp. “Wilayah pegunungan di timur laut Tanzania ini benar-benar merupakan tumbuhan El Dorado. Baru-baru ini, saya juga menemukan spesies baru acanthus di sini, dan deskripsi taksonominya akan segera diterbitkan."

Pemandangan Pegunungan Pare Selatan di Tanzania utara. (Andreas Hemp)

Studinya juga berisi tentang keanekaragaman hayati dan ekologi hutan Afrika. Dalam studi tersebut, ahli biologi Bayreuth telah membuat plot studi vegetasi di banyak gunung. Di setiap plot, ia mencatat dan mendokumentasikan komposisi spesies vegetasi secara lengkap. Secara total, database yang dihasilkan sekarang terdiri dari beberapa ribu catatan vegetasi. Khas dari semua hutan hujan pegunungan tropis adalah epifit. Yang memainkan peran penting dalam keseimbangan air dan keanekaragaman hayati.

"Banyak keberuntungan terlibat dalam menemukan epifit kecil seperti anggrek yang baru ditemukan: Jika tidak mekar pada waktu yang tepat, itu pasti akan luput dari perhatian," kata Hemp. Hemp juga mengunjungi Pegunungan Nguru Tanzania, yang seperti Pegunungan Pare Selatan termasuk dalam rangkaian Pegunungan Arc Timur. Di sana ia menemukan spesies anggrek lain yang sebelumnya tidak diketahui dari genus besar Polystachya selama kunjungan penelitiannya baru-baru ini.

 Baca Juga: Sempat Dianggap Punah, Anggrek Ini Ditemukan Kembali di Australia

 Baca Juga: Mengenal Eulophia Lagaligo, Spesies Anggrek Terbaru dari Sulawesi

 Baca Juga: Menyelamatkan Ribuan Spesies Anggrek Liar di Kalimantan dari Kepunahan

Secara internasional, spesialis terkemuka anggrek di Afrika Timur adalah Dr. Phil Cribb dari Royal Botanical Gardens di Kew, London. Dia adalah penulis volume identifikasi anggrek dari "Flora of Tropical East Africa."