Dunia Hewan: Mengapa Kucing Takut Air? Begini Penjelasan Para Pakar

By Utomo Priyambodo, Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Dunia Hewan: Mengapa kucing takut air, benci mandi, dan lebih suka menjilati tubuhnya sendiri? (Mitsuaki Iwago/ National Geographic Creative)

Nationalgeographic.co.id—Dari waktu ke waktu, manusia terus berusaha memahami dunia hewan dengan lebih baik. Termasuk memahami perilaku kucing yang telah hidup lama bersama kita.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul terkait kucing adalah mengapa anabul itu begitu takut pada air? Mengapa mereka tidak suka mandi?

Perilaku kucing yang satu ini termasuk unik atau bahkan aneh. Sebab, kita bakal bertanya lebih lanjut, mengapa kucing membenci air padahal mereka sangat menyukai ikan? Mengapa mereka tidak menikmati berenang di danau seperti harimau sepupu mereka?

Fatkanya, tidak semua kucing takut air. Namun, kebanyakan dari mereka memang akan menghindari air sebisa mungkin dan salah satu alasannya dapat ditemukan pada nenek moyang mereka.

Anna Ewers Clark, kepala penelitian dan standar hewan di badan amal hewan peliharaan Inggris Blue Cross, mengatakan bahwa "Secara historis, kucing hidup di lingkungan gurun yang kering yang berarti mereka tidak beradaptasi untuk berenang atau menghabiskan waktu di air, dan sifat ini telah diturunkan untuk banyak kucing domestik kita."

Celia Haddon, seorang penulis dan ahli kucing, juga berbagi sentimen ini. "Kucing domestik adalah keturunan dari kucing gurun kecil, Felis silvestris Lybica. Kucing liar ini hidup di daerah gurun. Itulah sebabnya kucing-kucing kita menikmati daerah yang hangat, sinar matahari, dan cakar yang kering!" jelas Haddon seperti dikutip dari Newsweek.

Haddon menambahkan bahwa jika kucing Anda jatuh ke air secara tidak sengaja, itu bukan akhir dunia karena mereka seharusnya bisa berenang.

Alasan lain mengapa kucing Anda menghindari mandi penuh adalah masalah kenyamanan dan sifat predator bawaan mereka. Studi menunjukkan suhu rata-rata kucing adalah sekitar 98,1 hingga 102,1 derajat Fahrenheit (36,7 sampai 38,9 derajat Celsius), yang jauh lebih tinggi daripada tubuh manusia.

Itu berarti kucing memiliki toleransi panas yang tinggi dan idealnya ingin tetap hangat. Kehangatan ini adalah kunci untuk menghemat energi di antara sesi berburu atau bermain yang ramai.

Karena bulu mereka menyerap banyak air, mantel yang basah kuyup dapat membuat mereka kedinginan dan "dapat menimbulkan risiko bagi keselamatan karena membatasi fleksibilitas dan mobilitas," terang Pam Johnson-Bennett, seorang pakar dari Cat Behavior Associates.

Alasan lain kucing membenci air adalah karena mereka memahami lingkungan mereka melalui hidung dan basah dapat menghilangkan penciuman pribadi mereka. Dengan penciuman alami yang tajam, mereka juga dapat mengetahi bahan kimia di dalam air yang tidak dapat dirasakan oleh manusia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Animal Behavior Science, mengungkapkan kucing memiliki hidung yang lebih sensitif daripada manusia bahkan anjing. Penciuman (indera penciuman) adalah metode utama yang digunakan kucing untuk menganalisis lingkungan mereka dan sangat penting untuk komunikasi, berburu, dan mendeteksi pemangsa, serta indera identitas kucing.