Ilmuwan Kembangkan Metode Aman Mendaratkan Manusia di Planet Mars

By Wawan Setiawan, Senin, 22 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Planet Mars adalah planet keempat dari matahari dan juga dikenal sebagai Planet Merah. (RistoArnaudov via Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah model matematika telah dikembangkan oleh para ahli kedokteran luar angkasa dari The Australian National University (ANU). Model ini dapat digunakan untuk memprediksi apakah seorang astronaut dapat dengan aman melakukan perjalanan ke Mars atau tidak? Sebab, jika tidak, maka mereka tentu tidak dapat memenuhi tugas misi mereka saat menginjakkan kaki di Planet Merah.

Tim ANU mensimulasikan dampak paparan gravitasi nol dalam waktu lama pada sistem kardiovaskular. Ini untuk menentukan apakah tubuh manusia dapat mentolerir gaya gravitasi Mars yang tidak sekuat di Bumi tanpa pingsan. Atau mengalami keadaan darurat medis saat melangkah. keluar dari pesawat luar angkasa.

Model tersebut dapat digunakan untuk menilai dampak penerbangan luar angkasa berdurasi pendek dan panjang pada tubuh. Juga dapat menjadi bagian penting lain dari teka-teki dalam membantu mendaratkan manusia di planet Mars.

Dr Lex van Loon, Rekan Peneliti dari ANU Medical School, mengatakan meskipun ada beberapa risiko yang terkait dengan perjalanan ke Mars, kekhawatiran terbesar adalah kontak yang terlalu lama dengan gayaberat mikro. Di mana hampir nol gravitasi. Apalagi dikombinasikan dengan paparan radiasi yang merusak dari Matahari, dapat menyebabkan perubahan "mendasar" pada tubuh.

"Kami tahu dibutuhkan sekitar enam hingga tujuh bulan untuk melakukan perjalanan ke Mars. Ini dapat menyebabkan struktur pembuluh darah Anda atau kekuatan jantung Anda berubah karena bobot yang dialami sebagai akibat dari perjalanan ruang angkasa gravitasi nol," kata penulis utama makalah, Dr van Loon, seperti dilansir Science Daily.

Dr Emma Tucker (kiri) dan Dr Lex van Loon di Red Centre Garden, Australian National Botanic Gardens. (Tracey Nearmy/ANU)

"Dengan munculnya badan penerbangan ruang angkasa komersial seperti Space X dan Blue Origin, ada lebih banyak ruang bagi orang kaya. Tetapi belum tentu sehat untuk pergi ke luar angkasa. Jadi kami ingin menggunakan model matematika untuk memprediksi apakah seseorang cocok untuk terbang ke Mars atau tidak," tambahnya.

Ahli astrofisika dan pencatat pengobatan darurat Dr Emma Tucker mengatakan paparan gravitasi nol yang berkepanjangan dapat menyebabkan jantung menjadi malas karena tidak harus bekerja keras mengatasi gravitasi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

"Ketika Anda berada di Bumi, gravitasi menarik cairan ke bagian bawah tubuh kita, itulah sebabnya beberapa orang menemukan kaki mereka mulai membengkak menjelang akhir hari. Tetapi ketika Anda pergi ke luar angkasa, tarikan gravitasi itu menghilang, yang berarti cairan bergeser ke bagian atas tubuh Anda dan itu memicu respons yang membodohi tubuh dengan berpikir ada terlalu banyak cairan," kata Tucker.

"Akibatnya, Anda mulai sering ke toilet, Anda mulai membuang cairan ekstra. Anda tidak merasa haus dan Anda tidak minum banyak, yang berarti Anda mengalami dehidrasi di luar angkasa.

Baca Juga: Membangun Pangkalan di Bulan dan Planet Mars, Dari Mana Semennya?

 Baca Juga: Perayaan Sepuluh Tahun Penjelajah Curiosity Menjelajahi Planet Mars