Temuan Bros Berusia 1200 Tahun, Diduga Dari Makam Wanita Bangsa Viking

By Maria Gabrielle, Kamis, 1 September 2022 | 11:00 WIB
Peninggalan benda dari masa lalu ini ditemukan oleh seorang pendaki gunung. (Aftonbladet)

Nationalgeographic.co.id—Temuan menarik didapatkan oleh seorang pendaki gunung di Jämtland, Swedia Tengah bernama Eskil Nyström. Dia menemukan peninggalan dari masa lampau ini dalam perjalanan berkemah di Kalffällen.

Eskil Nyström menemukan sebuah bros tahun lalu. Dia mendapati sesuatu yang aneh mencuat dari tanah saat mendirikan tenda.

“Pikiran pertama saya adalah saya telah menemukan ranjau, tetapi kemudian ketika saya menggali, saya mendapati bahwa itu tidak mungkin," ujar Eskil Nyström kepada TT, dilansir dari Arkeonews pada Senin (22/08).

Eskil Nyström lalu membawa pulang bros itu dan bertanya-tanya. Namun, tidak ada yang mengetahui benda apakah itu atau dari mana asalnya.

Satu tahun kemudian, dia melakukan kontak dengan Museum Jamtli di Östersund. Ia pun menyadari signifikansi arkeologi dan sejarah dari bros yang ditemukan.

Diketahui bahwa bros tersebut berusia 1200 tahun. Bros tersebut diduga berasal dari makam wanita pertama Zaman Viking yang ditemukan di Pegunungan Swedia.

Arkeolog Anders Hansson dari Jamtli memeriksa situs penemuan untuk pertama kalinya Rabu pagi. Di sana mereka menemukan jelaga dan tulang yang terbakar.

Selain itu, Hansson juga menemukan bros oval lainnya. Ini tidaklah mengejutkan karena bros seperti itu biasanya ditemukan berpasangan.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan adanya tulang yang terbakar di situs tersebut. Mereka menduga tempat itu digunakan sebagai pemakaman kremasi.

“Apa yang ada di sana adalah kuburan kremasi dari Zaman Viking dan kemungkinan besar kuburan wanita," kata Hansson.

Penampakan bros berusia 1200 tahun dari Swedia. (svt)

Sebelumnya, hanya lima kuburan Viking lainnya yang ditemukan di pegunungan. Kelima kuburan tersebut milik laki-laki.