Dunia Hewan: Kenapa Kucing Tega Memakan Anak-anaknya Sendiri?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 26 Agustus 2022 | 07:01 WIB
Kucing menangkap tikus. (Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Kucing tak selamanya lucu. Anda bakal merasa syok dan ngeri saat melihat kucing peliharaan Anda atau kucing liar memakan anaknya sendiri yang masih kecil atau bahkan baru lahir.

Apakah Anda tak salah lihat bahwa kucing memakan anaknya sendiri? Jawabannya adalah iya, Anda tidak salah lihat! Dalam dunia hewan, perilaku memakan anak sendiri bukanlah sesuatu yang hanya terjadi pada kucing.

Pada dasarnya, kucing biasanya akan memakan anak mereka jika anak itu cacat, lahir mati, atau memiliki cacat lahir. Induk kucing juga bisa memakan anaknya jika dia merasa stres.

Melihat induk kucing memakan anaknya tentu saja adalah pemandangan yang sangat mengganggu dan Anda mungkin berpikir ada yang salah dengan kucing itu. Mengapa kucing memakan anaknya? Apakah itu perilaku normal?

Studi ilmiah belum memberikan alasan spesifik untuk perilaku tersebut. Namun, perilaku itu adalah bagian dari naluri alami kucing.

Induk kucing biasanya melindungi anak-anaknya dan akan melakukan apa saja untuk menjaga mereka dari bahaya dan pemangsa. Tapi, ada saat-saat dia memakan anak-anaknya. Berikut adalah alasan umum mengapa induk kucing memakan anak kucingnya yang baru lahir, seperti dikutip dari AnimalPath.org.

1. Jika anak kucing memiliki cacat lahir, lahir mati atau sakit

Induk kucing dapat memakan anak-anaknya jika mereka lahir mati, sakit, atau memiliki cacat lahir saat mereka lahir. Namun, terkadang dia tidak akan memakannya tetapi benar-benar mengabaikan dan membuangnya. Ada kasus di mana induk kucing akan mengeluarkan anak kucing yang sakit dari kelompok mereka dan memisahkan atau meninggalkan anak kucing itu di tempat lain.

2. Untuk melindungi mereka dari predator.

Kucing memiliki naluri alami untuk melindungi bayinya dari pemangsa di alam liar dan bahkan kucing peliharaan pun masih memiliki dorongan alami ini. Jika induk kucing merasa bahwa anak kucingnya menjadi bidikan atau sasaran predator, terutama jika tempat dia bersama anak-anaknya memiliki gangguan seperti suara dan orang asing, dia mungkin akan memakan anak kucingnya untuk melindungi mereka dari pemangsa.

3. Jika induk kucing stress

Induk kucing sangat rentan terhadap stres dan kecemasan sebelum dan sesudah melahirkan anak-anaknya dan sebagian besar waktu itu karena faktor lingkungan. Stresor lingkungan ini mungkin termasuk suara keras, terlalu banyak lalu lintas pejalan kaki di ruangan tempat dia tinggal, dan manipulasi atau penanganan anak kucing yang terlalu cepat.