Dunia Hewan: Petunjuk Baru Melindungi Katak dari Jamur yang Mematikan

By Wawan Setiawan, Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Katak timur umum (Crinia signifera) yang terinfeksi jamur kulit mematikan. Jamur Bd adalah jamur mematikan bagi dunia hewan katak. (David Cook Wildlife Photography)

Nationalgeographic.co.id—Saat dunia terus berjuang melawan COVID-19, pandemi lain berbentuk jamur mematikan Batrachochytrium dendrobatidis (Bd) menyerang dunia hewan spesies katak dunia. Hal ini berkontribusi pada ketidakstabilan ekosistem bumi yang rapuh.

Jamur amfibi chytrid Batrachochytrium dendrobatidis (Bd) adalah patogen kulit yang dapat menyebabkan munculnya penyakit menular chytridiomycosis pada spesies yang rentan. Ini telah dianggap sebagai salah satu ancaman paling parah bagi keanekaragaman hayati amfibi.

Namun, belum lama ini, studi pertama di dunia dari University of South Australia dilakukan pada jamur mematikan ini. Mereka menemukan bahwa untuk sementara jamur Bd dapat secara signifikan berkurang pada katak penangkaran. Penangkaran memang dapat memiliki konsekuensi negatif bagi mikrobiota pelindung kulit katak. Ini memberikan wawasan baru tentang manajemen keanekaragaman.

Meneliti mikrobiota kulit yang bergantung pada budaya dari katak Timur Umum, penelitian ini menganalisis bagaimana penangkaran dan salinitas air memengaruhi infeksi Bd. Katak Timur Umum ditemukan di Tasmania dan Australia timur dari Queensland tengah hingga Victoria dan di sepanjang pantai SA.

Katak timur yang umum sering menjadi pengunjung halaman belakang rumah kita. Mereka akan dengan senang hati tinggal di dalam dan di sekitar kolam taman, kolam, dan selokan air di daerah pinggiran kota dan perkotaan. Mereka sama umum di daerah pedesaan, tinggal di dekat bendungan pertanian, rawa, padang rumput yang banjir, dan hampir di mana saja ada genangan air tawar.

Melalui studi baru, ditemukan bahwa infeksi berkurang secara signifikan pada populasi 24 katak penangkaran. Meskipun salinitas air bukanlah penyebab penurunan, proses pelepasan kulit alami dapat membantu penggunaan katak mengurangi beban Bd.

Pindaian mikrograf elektron dari zoospore utuh yang dibekukan dan sporangia dari jamur chytrid (Batrachochytrium dendrobatidis). (Dr Alex Hyatt, CSIRO Livestock Industries' Australian Animal Health Laboratory (AAHL))

Secara global, infeksi Bd telah menyebabkan penurunan 501 spesies amfibi dengan 90 spesies ini sekarang dianggap punah. Sedangkan 124 lainnya menurun lebih dari 90 persen. Infeksi saat ini terjadi di 56 negara di enam benua.

Infeksi Bd telah dikaitkan dengan penurunan katak sejak akhir 1990-an. Bd dianggap sebagai penyebab serentetan kematian katak yang tidak biasa di Australia, sejak satu tahun yang lalu.

Peneliti UniSA dan kandidat Master, Darislav Besedin, mengatakan menemukan cara untuk melindungi katak dari infeksi Bd yang mematikan ini. Cara tersebut adalah langkah penting dalam melestarikan keanekaragaman hayati global.

"Dunia saat ini mengalami kepunahan massal keenam, di mana persentase tinggi spesies yang berbeda - terutama amfibi - sedang sekarat," kata Besedin. "Namun apa yang kebanyakan orang tidak segera pertimbangkan adalah bahwa setiap spesies saling berhubungan. Ketika satu punah, berbagai spesies lain juga terpengaruh. Ini menciptakan efek domino yang dapat berdampak buruk pada lingkungan.”

"Penurunan drastis amfibi dalam beberapa dekade terakhir dari infeksi Bd yang mematikan adalah tanda yang jelas bahwa ada ketidakseimbangan ekologi, jadi pemantauan spesies yang terkena dampak sangatlah penting,” tegas Besedin.