Dunia Hewan: Lumba-lumba Punya Jaring Aliansi Terbesar di Luar Manusia

By Wawan Setiawan, Sabtu, 3 September 2022 | 18:15 WIB
Dalam dunia hewan, lumba-lumba membentuk jaringan aliansi, seperti yang terlihat di gambar ada trio jantan yang beraliansi mengejar satu betina. (Simon Allen)

Nationalgeographic.co.id - Lumba-lumba hidung botol jantan membentuk jaringan aliansi multi-level terbesar yang diketahui di luar manusia. Demikian yang ditunjukkan oleh tim internasional yang dipimpin oleh para peneliti dunia hewan di University of Bristol. Hubungan kerja sama antarkelompok ini meningkatkan akses lumba-lumba jantan ke sumber daya yang diperebutkan.

Para ilmuwan, dengan rekan-rekan dari University of Zurich dan University of Massachusetts, menganalisis data asosiasi dan pasangan lumba-lumba. Ini untuk memodelkan struktur aliansi antara 121 lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik jantan dewasa di Shark Bay di Australia Barat.

Temuan mereka telah diterbitkan di jurnal PNAS pada 29 Agustus dengan judul "Strategic intergroup alliances increase access to a contested resource in male bottlenose dolphins."

Lumba-lumba jantan di Shark Bay membentuk aliansi orde pertama dari dua-tiga pejantan untuk secara kooperatif mengejar pasangan dengan betina individu. Aliansi orde kedua dari empat sampai empat belas pejantan yang tidak berhubungan bersaing dengan aliansi lain untuk mendapatkan akses ke lumba-lumba betina. Sedangkan aliansi orde ketiga terjadi antara aliansi orde kedua yang bekerja sama.

Aliansi bentuk lain, empat jantan dengan satu betina. (Simon Allen)

"Kerja sama antara sekutu tersebar luas dalam masyarakat manusia dan salah satu keunggulan kesuksesan kita. Kapasitas kita untuk membangun hubungan strategis dan kooperatif di berbagai tingkat sosial. Seperti perdagangan atau aliansi militer baik secara nasional maupun internasional, pernah dianggap unik untuk spesies kita,” kata rekan penulis Dr. Stephanie King, Lektor Kepala dari Bristol's School of BiologicalSciences.

"Kami tidak hanya menunjukkan bahwa lumba-lumba hidung botol jantan membentuk jaringan aliansi bertingkat terbesar yang diketahui di luar manusia. Namun hubungan kerja sama antarkelompok, bukan sekadar ukuran aliansi, memungkinkan pejantan menghabiskan lebih banyak waktu dengan betina. Sehingga meningkatkan keberhasilan reproduksi mereka," tambahnya.

Dr. Simon Allen, Dosen Senior di Bristol's School of Biological Sciences, yang berkontribusi dalam penelitian ini, mengatakan, "Kami menunjukkan bahwa durasi di mana tim lumba-lumba jantan ini berhubungan dengan betina bergantung pada hubungan yang baik dengan sekutu tingkat ketiga. Yaitu, ikatan sosial antara aliansi mengarah pada manfaat jangka panjang bagi para jantan ini."

 Baca Juga: Dunia Hewan: Belajar dari Lumba-lumba, Mamalia Laut yang Cinta Damai

 Baca Juga: Unik! Lumba-lumba Manfaatkan Karang dan Spons Laut untuk Merawat Kulit

 Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Peneliti Ukur Tingkat Kebahagian Lumba-lumba

Kerja sama antarkelompok pada manusia dianggap unik dan bergantung pada dua fitur lain yang membedakan manusia dari nenek moyang kita yang sama dengan simpanse. Di mana evolusi ikatan pasangan dan pengasuhan oleh pejantan. "Namun, hasil kami menunjukkan bahwa aliansi antarkelompok dapat muncul tanpa fitur ini, dari sistem sosial dan perkawinan yang lebih mirip simpanse," kata Richard Connor, Profesor Emeritus di University of Massachusetts dan sekarang berafiliasi dengan Florida International University, yang ikut memimpin studi dengan Dr. King.