Dunia Hewan: Inilah Hewan yang Menghasilkan Wol Termahal di Dunia

By Wawan Setiawan, Senin, 5 September 2022 | 12:00 WIB
Vikuna ditutupi dengan mantel berbulu, terisolasi, berwarna kayu manis yang terdiri dari serat terhalus di dunia. Di dunia hewan, ia adalah penghasil wol termahal di dunia. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Jauh di dalam dataran tinggi Andes Peru, seekor hewan yang berharga di seluruh dunia berpacu. Hewan itu milik keluarga Llama tetapi seringnya disebut Vikuna. Ini diidentifikasi oleh tubuhnya yang ramping setinggi 1,8 meter dan surai yang berkilau. Apa yang menarik dari Vikuna adalah bahwa ia merupakan satu-satunya di dunia hewan yang bisa menghasilkan wol termahal di dunia. Mantel wol, tipis dan lembut juga hangat tanpa kompromi, dijual lebih mahal daripada kasmir terbaik Anda. Anda pasti terkejut bukan?

Wol Vikuna cukup hangat untuk menjaga suhu tubuhnya dengan nyaman diatur terhadap suhu Andes yang keras pada ketinggian 4.000 meter. Bayangkan keajaiban yang akan terjadi pada suhu yang lebih nyaman di negara bagian Anda.

Di dunia pra-Columbus abad ketiga belas, Vikuna menikmati hampir semacam penghormatan di kerajaan Inca. Wol mereka dianggap sebagai lapisan emas, dan hanya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan saja. Bagi mereka, mencukur bulu juga merupakan proses yang sacral. Kawanan besar Vikuna akan dikumpulkan dan dicukur dalam proses yang disebut Chaccu, tetapi dilepaskan setelahnya. Tidak ada yang pernah membunuh Vikuna.

Namun, pada tahun 1532, para penakluk Spanyol mengambil alih tanah itu dan melanggar tradisinya demi keuntungan dan moral yang tinggi. Wol Vikuna diterima sebagai komoditas menguntungkan yang setara dengan sutra di masa lalu. Perbedaannya adalah bahwa di antara orang Spanyol, pembunuhan menjadi mudah. Jutaan Vikuna yang berkeliaran bebas diburu dan dikupas untuk diambil surainya yang berharga.

Hanya beberapa abad kemudian, ketertiban kembali dipulihkan. Dengan hanya 6.000 Vikuna yang tersisa pada tahun 1960, pemerintah Peru menyatakan mereka sebagai spesies yang terancam punah. Perburuan dilarang sekali lagi. Cagar alam Vikuna seluas 65 km persegi yang disebut Pampas Galeras dibuat di wilayah Ayacucho.

Vikuna kini termasuk ke dalam status hewan yang dilindungi. (Howard Cheung/Flickr)

Setiap serat bulunya berukuran sekitar 12 mikron, yaitu 12 seperseribu milimeter. Bisakah Anda memikirkan sesuatu yang bisa menyamai tingkat kehalusan seperti itu? Selain itu, mereka juga mampu saling mengunci karena adanya sisik. Ini berarti bahwa wol Vikuna dapat menjebak panas dan udara di dalam benangnya. Kasmir, salah satu wol paling terkenal di dunia, 10 kali lebih berat dari wol Vikuna yang juga hipoalergenik. Dan jika semua ini tidak membuat Anda mengerti mengapa wol Vikuna adalah wol paling mahal di dunia, maka pikirkan betapa mulusnya warna kayu manis alaminya akan menyatu dengan lemari pakaian Anda dan beri tahu kami jika itu sepertinya tidak harus dibeli.

  

Baca Juga: Dunia Hewan: Tikus-Tikus di Area Ini Tumbuh Lebih Besar, Apa Sebabnya?

Baca Juga: Dunia Hewan: Lumba-lumba Punya Jaring Aliansi Terbesar di Luar Manusia

Baca Juga: Dunia Hewan: Ilmuwan Akhirnya Mengungkap Rahasia 'Ubur-ubur Abadi'