Sihir Bisa 'Lahirkan' Iblis, Ritual yang Terlupakan dalam Sejarah Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 6 September 2022 | 09:00 WIB
Seekor katak berubah menjadi seorang putri dalam lukisan Tsarevna Frog (Viktor Vasnetsov)

Nationalgeographic.co.id—Selama berabad-abad, teks-teks sejarah telah mencatat sejumlah besar ritual magis dan religius. Beberapa di antaranya telah dilestarikan dalam bentuk yang dimodifikasi, sementara yang lain hampir sepenuhnya hilang dalam perjalanan waktu.

Ritual biasanya dirancang untuk memberi seseorang sesuatu yang kurang, atau untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Penduduk asli Amerika, misalnya, dikenal karena ritual mereka untuk meminta hujan yang dilakukan selama periode kekeringan.

Suku Maya dan Aztec mempraktekkan ritual berdarah berdasarkan pengorbanan manusia untuk menenangkan para dewa dari surga dan untuk mendapatkan kelimpahan dan kemakmuran. Orang Jepang memiliki pendeta yin-yang yang disebut onmyouji, yang mempraktikkan sejumlah besar ritual sihir berdasarkan teknik Feng Shui yang dipinjam dari Tiongkok. Skandinavia meramalkan masa depan dalam rune, sementara orang Romawi mengorbankan hewan selama upacara yang didedikasikan untuk para dewa, dan meramalkan masa depan sesuai dengan keadaan organ hewan-hewan ini. Dengan demikian, ritual sihir telah dikelompokkan menjadi ramalan, pemanggilan roh, kerasukan, necromancy dan banyak lainnya.

Thaumogenesis

Ilustrasi penciptaan iblis. (Ownerman)

Sihir mencoba menawarkan kepada manusia apa yang tidak dapat dia capai dengan cara alami. Tidak mengherankan jika banyak teks kuno tentang sihir mencoba memberikan solusi untuk membangkitkan orang-orang terkasih yang telah meninggal. Ada banyak ritual yang dipercaya dapat menghidupkan kembali orang mati.

Dalam sihir, membangkitkan orang mati dipandang sebagai tindakan tidak wajar yang dapat memiliki konsekuensi serius. Jadi, bukan hanya teknik kebangkitan yang memenuhi halaman dari banyak buku sihir, tetapi juga konsekuensi dari ritual ini. Thaumogenesis diyakini menjadi salah satu konsekuensi tersebut.

Thaumogenesis mengacu pada proses di mana iblis diyakini diciptakan melalui teknik kebangkitan. Hal ini berarti jika mantra kebangkitan digunakan, dua lubang dibuat dan dua entitas spiritual dapat memasuki dunia makhluk hidup. Salah satu entitas ini adalah roh makhluk yang akan dibangkitkan dan yang kedua, entitas yang bersifat iblis.

Dalam kasus di mana ada tepat satu lubang yang terbuka, sisa energi iblis dari dimensi lain dapat melekat pada entitas spiritual yang dipanggil untuk menyeberang ke dunia makhluk hidup untuk dibangkitkan. Saat mencapai dunia kehidupan, energi iblis sisa dapat menghasilkan penciptaan iblis baru.

Banyak ritual di masa lalu kuno menyangkut bayangan, yang dulu diyakini berhubungan dengan roh. (Thomas Leuthard)

Setelah mantra kebangkitan selesai, dua entitas yang telah menyeberang dikatakan terhubung pada tingkat keberadaan, sehingga jika individu yang dibangkitkan mati, maka iblis baru juga menghilang. Selain itu, diyakini bahwa keberadaan iblis baru itu bersifat sementara, yang berarti bahwa iblis itu tidak akan ada lagi kecuali jika berhasil menjelma atau membunuh individu yang dibangkitkan untuk memutuskan hubungan. Karena mantra kebangkitan berurusan dengan mengubah tatanan alam dengan cara membatalkan kematian, maka Thaumogenesis dapat dilihat di sini sebagai konsekuensi alami yang ekstrem atau sebagai hutang yang harus dibayar.

Roh Terhubung dengan Bayangan