Dunia Hewan: Memahami Hydra, dari Penyembuhan Luka Hingga Regenerasi

By Wawan Setiawan, Kamis, 8 September 2022 | 16:00 WIB
Polip air tawar Hydra yang luar biasa dengan proses regenerasinya. (Lebendkulturen.de via Shutterstock)

Fenomena regenerasi di dunia hewan ditemukan lebih dari 200 tahun yang lalu pada polip air tawar Hydra. Sampai sekarang, bagaimanapun, sebagian besar tidak jelas bagaimana regenerasi teratur dari jaringan atau organ yang hilang dapat diaktifkan setelah cedera.

Dalam penyelidikannya terhadap Hydra, tim peneliti interdisipliner di Universitas Heidelberg mampu menunjukkan bagaimana sinyal penyembuhan luka yang dilepaskan saat cedera diubah menjadi sinyal spesifik pembentukan pola dan diferensiasi sel. Komponen pentingnya adalah mitogen-activated protein kinase (MAPK) dan jalur pensinyalan Wnt. Jalur ini merupakan mekanisme molekuler yang relatif tidak berubah selama evolusi.

Kemampuan untuk beregenerasi sangat bervariasi pada hewan. Kebanyakan mamalia dan vertebrata hanya memiliki kapasitas regenerasi yang terbatas. Sedangkan hewan dasar dan hewan sederhana yang muncul pada awal evolusi, seperti cnidaria dan planaria, dapat meregenerasi seluruh tubuh mereka.

Dalam semua kasus, proses regenerasi dimulai dengan penyembuhan luka. Sel-sel di lokasi cedera berkembang biak dan membentuk massa yang tidak terdiferensiasi—blastema—dari mana struktur yang hilang dipolakan kembali. Ini mengaktifkan proses genetik yang juga mengontrol perkembangan embrio. Untuk menentukan mekanisme molekuler yang terlibat, tim peneliti yang dipimpin oleh Prof. Dr Thomas W. Holstein mempelajari polip air tawar Hydra untuk memahami fitur dasar dari aktivasi regenerasi ini.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal PNAS pada 22 Agustus dengan judul Injury-induced MAPK activation triggers body axis formation in  Hydra by default Wnt signaling.

Hydra polip air tawar dikenal karena kemampuannya untuk beregenerasi. Setelah kepala atau kaki diangkat - atau kepala dan kaki keduanya - Hydra mampu meregenerasi struktur yang hilang, mereformasi organisme yang sepenuhnya utuh. Para ilmuwan Heidelberg menyelidiki interaksi molekuler yang menyebabkan kerusakan pada regenerasi struktur yang tidak ada. Gambar menunjukkan regenerasi Hydra dari mana kepala dan kaki sebelumnya dihilangkan. Regenerasi melalui rekombinan Wnt menyebabkan pembentukan kepala kedua dengan tentakel, bukan kaki yang diregenerasi. (Anja Tursch dan Thomas W. Holstein (Heidelberg University))

Inti dari investigasi mereka adalah tesis doktoral Anja Tursch. Dia mengulangi eksperimen kunci dari naturalis Jenewa Abraham Trembley (1710 hingga 1784) yang membawanya untuk menemukan fenomena regenerasi.

Polip Hydra dibelah dua, mendorong bagian atas untuk meregenerasi "kepala" baru dan bagian bawah "kaki" baru. Maka bagian tubuh yang sama sekali berbeda dapat tumbuh dari jaringan yang sama persis di permukaan yang dipotong di tengah. Berdasarkan pekerjaan mereka sebelumnya tentang regenerasi Hydra, para peneliti di Pusat Studi Organisme (COS) Universitas Heidelberg kini telah menunjukkan bagaimana ini menjadi mungkin.

Terlepas dari mana itu terjadi, setiap kerusakan memicu sinyal nonspesifik untuk respon cedera. Yaitu penyembuhan luka, melalui ion kalsium dan produksi spesies oksigen reaktif. Sinyal ditransmisikan secara intraseluler oleh tiga mitogen-activated protein kinase - p38, JNKs, dan ERK. Aktivasi ketiga molekul ini diperlukan untuk regenerasi kepala dan kaki. Jalur pensinyalan Wnt kemudian diaktifkan. Terutama selama perkembangan embrionik untuk pembentukan organ yang belum sempurna dan sumbu tubuh. Sinyal generik penyembuhan luka dengan demikian ditransfer ke sinyal posisi spesifik dari pola dan diferensiasi sel untuk regenerasi.

  

Baca Juga: Dunia Hewan: Mengapa Kucing Tidak Suka Dibelai Bagian Perutnya?

Baca Juga: Dunia Hewan: Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya Sendiri?