Misteri di Balik Karya Seni Berusia 1.300 Tahun Dipecahkan oleh Sains

By Wawan Setiawan, Minggu, 11 September 2022 | 11:00 WIB
Kuda penari terakota memiliki rumbai di dahinya yang membangkitkan rasa penasaran kurator di Museum Seni Cincinnati. (Cincinnati Art Museum/Gift of Carl and Eleanor Strauss, 1997)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah karya seni patung kuda penari Tiongkok di museum Seni Cincinnati terlihat begitu realistis. Sehingga kuda yang tampak berapi-api itu seolah-olah siap untuk menerjang dari alasnya. Namun kurator seni Asia Timur Hou-mei Sung telah mempertanyakan keaslian hiasan rumbai di dahi kuda terakota tersebut yang menyerupai sebuah tanduk makhluk mitologi unicorn. Sebab, itu terlihat ganjil menurutnya.

Pihak museum pun akhirnya menghubungi asisten profesor kimia UC College of Arts and Sciences Pietro Strobbia untuk membantu menentukan apakah rumbai itu asli dari karya tersebut atau menjadi bagian yang ditambahkan pada waktu dekat.

"Banyak museum memiliki konservator tetapi belum tentu fasilitas ilmiah diperlukan untuk melakukan pemeriksaan semacam ini," kata Strobbia. "Jumbai dahi terlihat asli, tetapi museum meminta kami untuk menentukan dari bahan apa itu dibuat."

Strobbia dan kolaboratornya menulis tentang proyek tersebut untuk makalah yang diterbitkan dalam jurnal Heritage Science pada 9 Agustus dengan judul "Scientific investigation to look into the conservation history of a Tang Dynasty terracotta Dancing Horse."

Sung telah melihat banyak contoh patung kuno yang memberi penghormatan kepada kuda-kuda yang menari yang dilakukan untuk kaisar sejauh 202 SM. Namun tidak ada yang memiliki jumbai dahi, katanya. Apakah mungkin ditambahkan di kemudian hari?

"Saya percaya itu adalah kesalahan. Rumbai itu tidak pada posisi yang benar," katanya. "Potongan-potongan ini sangat tua. Mereka sering mengalami banyak perbaikan."

Patung ini disumbangkan ke museum Cincinnati oleh seorang kolektor pada tahun 1997. Kuda penari itu berasal dari dinasti Tang ketika patung-patung tersebut ditugaskan untuk tujuan mengubur mereka dengan royalti setelah kematian mereka, kata Sung.

Asisten profesor UC Pietro Strobbia berkonsultasi dengan Museum Seni Cincinnati untuk memecahkan misteri tentang salah satu mahakarya Tiongkok kuno. (Andrew Higley/UC Marketing + Brand)

Kuda-kuda penari dilatih untuk bergerak dalam waktu dengan tabuhan gendang. Sung berkata Kaisar Xuanzong dari abad kedelapan sangat menyukai kuda sehingga ia memiliki lebih dari 40.000 kandang kuda. Untuk satu perayaan ulang tahun, ia mengundang rombongan 400 kuda penari untuk membawakan "Song of the Upturned Cup."

"Selama akhir yang dramatis, seekor kuda akan menekuk lututnya dan mengatupkan cangkir di mulutnya dan menawarkan anggur kepada penguasa untuk mendoakannya panjang umur," kata Sung. "Ini menjadi sebuah ritual."

Untuk menjawab beberapa pertanyaan mendasar tentang karya tersebut, museum setuju dan mengizinkan Strobbia dari UC serta kolaborator seperti Claudia Conti di Institut Ilmu Warisan Italia mengambil 11 sampel kecil untuk dianalisis.

"Pembuatan patung itu indah. Kuda-kuda ini terkenal," kata Kelly Rectenwald, salah satu penulis makalah dan konservator objek asosiasi di Museum Seni Cincinnati. "Kami menilai risikonya sepadan dengan hadiahnya untuk menjawab pertanyaan itu.”