Foto-Foto Langka Ratu Elizabeth II dari Arsip National Geographic

By Ricky Jenihansen, Minggu, 11 September 2022 | 12:00 WIB
Ratu Elizabeth II dinobatkan sebagai ratu oleh uskup agung pada usia 25 tahun di Westminster Abbey di London, pada 2 Juni 1953. (James Jarche, Nat Geo Image Collection)

Nationalgeographic.co.id—Seorang wanita berusia 27 tahun berbaju putih, duduk di singgasana kuno, matanya tertunduk. Dialah Elizabeth Alexandra Mary Windsor yang kemudian dikenal sebagai Ratu Elizabeth II ratu Inggris Raya dan dunia Persemakmuran Inggris.

Bahunya terbungkus kain emas, tangan menggenggam tongkat kerajaan yang berhias permata, dan kepalanya berat dengan mahkota. Teriakan "Tuhan selamatkan Ratu!" bergema di seluruh Westminster Abbey saat terompet perak dibunyikan.

Pada penobatan Juni 1953, tidak ada yang bisa menduga pemerintahan Ratu Elizabeth akan berlangsung memecahkan rekor 70 tahun. Akan tetapi pentingnya upacara yang rumit itu tidak hilang dari fotografer veteran James Jarché.

Dengan menggunakan kamera Leica yang diisi dengan film Kodachrome, dia mendokumentasikan setiap momen dari ritual kuno itu, lalu mengirimkan gambar-gambar yang belum dikembangkan ke markas National Geographic Society di Washington, D.C., melalui kurir udara khusus.

Hasilnya memaksa editor National Geographic, untuk meminggirkan liputan lain dalam edisi September 1953 mereka untuk memberi ruang bagi foto berwarna yang menakjubkan.

Di samping Nat Geo klasik, foto-foto itu mengambil segalanya mulai dari bendera-bendera yang memenuhi London yang masih dilanda perang hingga ulat sutra keturunan Inggris yang bertanggung jawab untuk regalia mewah ratu.

Surat mengalir dari seluruh dunia, meminta salinan tambahan sebagai kenang-kenangan dan hadiah. Itu adalah “kisah berwarna terbesar selama seumur hidup,” editor foto Kip Ross memberi tahu Jarché.

 Baca Juga: Kisah di Balik Kecintaan Ratu Elizabeth II pada Anjing Corgi

 Baca Juga: Setia pada Panggilan, Ratu Elisabeth II Melayani hingga Napas Terakhir

 Baca Juga: Pertemuan Dua Wanita Ikonik: Marilyn Monroe dan Ratu Elizabeth II

Dan National Geographic ada di sana untuk mengabadikan setiap langkah hidupnya. Fotografer kelas dunianya mendokumentasikan ratu baru yang pendiam, mencatat penampilan resmi dari figur publik yang sombong, dan menawarkan kilasan langka dari kehidupan pribadi yang dijaga Elizabeth dengan sangat hati-hati.

Mode, perbatasan, komunikasi, adat istiadat publik—semuanya mengalami pergeseran seismik selama tahun-tahun Elizabeth sebagai ratu. Inilah Elizabeth II seperti yang dilihat oleh National Geographic: anggun, bertekad kuat, penuh rasa ingin tahu, percaya diri, dan berumur panjang.