'Gladiatrix' Dipandang sebagai Objek Seksual Elite Romawi Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB
Relief dua gladiator ditemukan di Halicarnassus. (Public domain)

 

Nationalgeographic.co.id - Gladiator wanita atau disebut gladiatrix hanyalah legenda selama bertahun-tahun. Namun, penelitian selama beberapa dekade telah memungkinkan untuk akhirnya mengonfirmasi keberadaan dan pentingnya mereka dalam budaya pertarungan gladiator Romawi Kuno.

Gladiator wanita sering disebut The Amazons. Di Roma, orang suka melihat pertarungan mereka di arena seperti koloseum, dan percaya mereka sebagai contoh Amazon legendaris dari timur. Relief kuno menggambarkan gladiator wanita berpakaian dan diperlengkapi mirip dengan gladiator pria, tetapi ada beberapa perbedaan yang signifikan.

Pertama-tama, mereka tidak memakai helm atau tunik. Di tempat tunik mereka hanya mengenakan cawat. Mereka juga menggunakan pedang yang disebut gladius, memakai pelindung lengan dan kaki bagian bawah, dan pelindung tubuh. Kurangnya helm untuk kebanyakan gladiator wanita juga mungkin menarik. Ada beberapa gladiator laki-laki yang tidak menggunakan helm, tetapi sepertinya untuk perempuan, ada alasan berbeda untuk tidak memakainya. Wanita tidak menggunakan helm biasanya untuk menunjukkan gaya rambut feminin mereka dan sebagai demonstrasi yang jelas dari jenis kelamin para pejuang.

Simbol Kesombongan Romawi

Penggunaan gladiator wanita terkait erat dengan dekadensi dan kemewahan. Catatan tertulis, seperti Cassius Dio, Petronius, dan Juvenal, menunjukkan bahwa sangat mungkin bahwa perkelahian wanita sangat mewah karena jarangnya gladiator wanita.

Gladiator wanita juga digunakan sebagai objek seksual untuk elite Romawi. Gladatrix dengan demikian mewakili pemuasan di pihak elite kaya. Wanita pejuang adalah bagian penting dari pesta pribadi bangsawan dan mereka kadang-kadang diundang ke rumah pribadi untuk menjamu para tamu.

Perbedaan utama antara gladiator pria dan wanita adalah bahwa wanita pada awalnya bukanlah budak. Sangat mungkin bahwa pada periode selanjutnya, wanita yang menjadi budak bertarung di arena, tetapi Gladiatrix pertama adalah wanita bebas yang mencari petualangan.

Mereka biasanya adalah wanita Romawi kaya yang suka berkelahi dan memperlakukannya sebagai bentuk hiburan, olahraga, atau mempercayainya sebagai cara untuk menemukan peran khusus dalam masyarakat. Menurut Tacitus (56-117 M), mereka hampir tidak pernah dilihat oleh orang-orang bangsawan, tetapi pada saat yang sama, perkelahian mereka sangat populer. Namun, juga dikatakan bahwa para senator mempermalukan diri mereka sendiri karena menonton gladiatrix di amfiteater.

Para wanita juga tidak berjuang untuk mendapatkan uang, karena mereka sudah sangat kaya. Dengan demikian, dikatakan bahwa mereka mencari perhatian, kegembiraan, dan ketenaran. Yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan ini adalah mendapatkan izin khusus dari orang yang mengatur pertarungan.

Kisah Gladiatrix dalam Sumber Daya Sejarah

Gladiator wanita mungkin muncul untuk pertama kalinya pada masa pemerintahan Kaisar Nero. Sejarawan Romawi, Cassius Dio, menggambarkan festival pertarungan gladiator, yang diadakan sebagai penghormatan kepada ibu Nero:

“Untuk menghormati ibunya, dia [Nero] merayakan festival yang paling megah dan mahal, peristiwa yang berlangsung selama beberapa hari di lima atau enam teater sekaligus … Ada pameran lain yang sekaligus paling memalukan dan paling mengejutkan, ketika pria dan wanita tidak hanya dari penunggang kuda tetapi bahkan dari ordo senator muncul sebagai pemain di orkestra, di sirkus, dan di teater berburu, seperti mereka yang dijunjung rendah …; mereka mengendarai kuda, membunuh binatang buas, dan bertarung sebagai gladiator, beberapa dengan sukarela dan beberapa terluka di luar kehendak mereka.”