Awal Mula Kata Narsis, Berasal dari Kisah Tragis Narcissus Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 19 September 2022 | 08:00 WIB
Lukisan dinding Narcissus yang bagus dari Pompeii menunjukkan refleksi kolam yang dia cintai. (CC0)

Nationalgeographic.co.id - Kisah Yunani kuno tentang Narcissus yang egois namun sangat tampan sangat menarik perhatian. Terlepas dari usianya, mitos tersebut tetap terkenal hingga hari ini dan memberikan peringatan moral agar tidak menjadi egois dan tidak peduli terhadap orang lain.

Kisah Narcissus sangat berpengaruh, bahkan namanya telah diberikan kepada kondisi mental narsisme yang ditandai dengan rasa mementingkan diri sendiri yang meningkat dan kurangnya empati terhadap orang lain. Kehidupan Narcissus juga telah memengaruhi budaya populer selama berabad-abad dan bahkan memberikan inspirasi untuk nama karakter Harry Potter Narcissa Malfoy.

Sementara versi mitos paling populer dan terkenal mengandung nimfa, peringatan dari Dewa dan peramal buta, moral integral dari cerita tetap berpengaruh. Kisah ini juga berperan sebagai penjelasan tentang asal usul bunga Narcissus (daffodil) dan asal mula gema.

Kehidupan Narcissus

Ada beberapa cerita yang bertahan tentang kehidupan Narcissus, yang semuanya agak berbeda tetapi memiliki cerita sentral yang sama dengan ajaran moral yang sama. Sumber utama dari mitos tersebut adalah Ovid's Metamorphoses dimana kisah tersebut diceritakan dalam Buku III. Ovid adalah seorang penyair Romawi yang lahir di kota tersebut sekitar tahun 43 SM dan meninggal pada tahun 16 atau 17 M. Dia melakukan perjalanan sepanjang hidupnya ke sejumlah wilayah Yunani seperti Asia Kecil dan Athena.

Narcissus dalam Metamorfosis Ovid

Penceritaan Ovid tentang kehidupan Narcissus mungkin adalah versi yang paling dikenal saat ini. Ini dimulai dengan kelahiran Narcissus. Orang tuanya adalah Dewa Sungai, Cephissus, dan nimfa Liriope. Ovid mengeklaim bahwa Cephissus bukan pria yang baik dan telah memaksa Liriope ke tempat tidurnya, dan akibatnya nimfa hamil.

Echo dan Narcissus dalam lukisan dari tahun 1627 oleh Nicolas Poussin. (Nicolas Poussin )

Narcissus, sejak lahir dan sepanjang hidupnya sangat tampan. Ketika Liriope berkonsultasi dengan seorang peramal (bernama Tiresias) setelah kelahirannya dan bertanya apakah putranya akan berumur panjang, peramal itu menyatakan bahwa Narcissus akan berumur panjang jika dia tidak melihat dirinya sendiri.

Narcissus berhasil menjalani kehidupan awalnya dan tidak menemukan dirinya sendiri. Kecantikannya menjadi dikenal, dan pria dan wanita sama-sama dikatakan melemparkan diri ke arahnya. Namun, Narcissus tidak terganggu oleh salah satu dari mereka dan mengabaikan semua kemajuan mereka.

Suatu hari dia sedang berjalan di hutan ketika seorang Oread (seorang peri gunung) bernama Echo melihatnya. Echo, seperti banyak wanita sebelumnya, langsung jatuh cinta pada Narcissus yang tampan. Dia terus mengikutinya melalui hutan.

Namun, dia ragu untuk berbicara dengan pria tampan ini karena, menurut Ovid, nimfa itu menderita gangguan bicara akibat kutukan Juno (atau Hera), istri Zeus. Diketahui bahwa Zeus sangat menyukai nimfa, dan ini membuat Juno sangat cemburu. Dikatakan bahwa setiap kali Juno hampir menangkap Zeus dengan bidadari, Echo akan mengalihkan perhatian istri yang tidak tahu itu.