Di Abad Pertengahan, Kerja Jadi Algojo Punya Banyak 'Keuntungan'

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 25 September 2022 | 11:00 WIB
Kehidupan Algojo pada abad pertengahan mencuri perhatian, karena punya banyak 'keuntungan'. (Live Science)

 

Nationalgeographic.co.id - Suatu sore di bulan Mei 1573, seorang pria berusia 19 tahun bernama Frantz Schmidt berdiri di halaman belakang rumah ayahnya di negara bagian Bavaria, Jerman, bersiap untuk memenggal seekor anjing liar dengan pedang. Dia baru saja lulus dari 'memenggal kepala' labu mati untuk berlatih pada hewan hidup. Jika dia melewati tahap akhir ini, Schmidt akan dianggap siap untuk memulai pekerjaannya, sebagai algojo.

Kita tahu detail adegan mengerikan ini karena Schmidt dengan cermat mencatat hidupnya sebagai algojo, menulis serangkaian buku harian yang melukiskan gambaran yang kaya tentang profesi ini selama abad keenam belas. Kata-katanya memberikan pandangan sekilas tentang kemanusiaan di balik kekerasan, mengungkapkan seorang pria menganggap serius pekerjaannya dan sering merasakan empati terhadap para korbannya. Namun terlebih lagi, Schmidt tidak selalu tidak biasa; anekdot sejarah mengungkapkan bahwa stereotip yang berlaku tentang algojo berkerudung, berlumuran darah, dan brutal jauh dari kebenaran.

Jadi, bagaimana rasanya melakukan pekerjaan ini ratusan tahun yang lalu di Eropa? dan bagaimana algojo menjadi jabatan yang sah?

"Apa yang umum untuk semua (negara di Eropa pada saat itu) adalah bahwa mereka semua berusaha untuk memiliki penegakan hukum pidana yang lebih baik," kata Joel Harrington,  sejarawan di Vanderbilt University di Tennessee dan penulis The Faithful Executioner: Life and Death, Honor and Shame in the Turbulent Sixteenth Century (Picador, 2013), sebuah buku tentang kehidupan Schmidt.

Orang-orang pasti tidak berminat melakukan pekerjaan yang tugasnya untuk menggantung, memenggal atau membakar penjahat. Mungkin bisa dimengerti, melihat ini sebagai pekerjaan yang tidak diinginkan. Bahkan, mereka yang akhirnya menjadi algojo tidak memilih pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Sebaliknya, itu diberikan kepada mereka.

Dalam beberapa kasus, tukang daging diikat untuk menjadi algojo, atau narapidana ditawari pekerjaan sebagai alternatif kematian mereka sendiri. Akan tetapi biasanya, algojo datang ke pekerjaan melalui ikatan keluarga. Harrington menjelaskan bahwa kebanyakan dalam profesi ini adalah pria yang ayahnya pernah menjadi algojo sebelum mereka. Bahkan penulis buku harian Schmidt adalah keturunan dari algojo. Ayahnya dengan enggan menerima pekerjaan itu ketika ditahbiskan secara acak oleh seorang pangeran sebagai algojo kerajaan.

Seiring waktu, penyerahan tongkat estafet dari ayah ke anak ini menciptakan apa yang disebut Harrington sebagai dinasti eksekusi lama yang menyebar ke seluruh Eropa selama Abad Pertengahan.

Namun keberadaan dinasti-dinasti tersebut juga mengungkapkan citra buruk yang dimiliki algojo saat itu. Orang-orang terjebak dalam siklus pekerjaan keluarga ini karena, pada kenyataannya, mereka hanya memiliki sedikit kesempatan untuk bekerja, menurut Harrington. Orang-orang yang profesinya berkisar pada kematian adalah orang-orang yang tidak ingin bergaul dengan masyarakat lainnya. Jadi algojo biasanya diasingkan ke pinggiran masyarakat.

"Orang-orang tidak akan mengundang algojo ke rumah mereka. Banyak algojo tidak diizinkan pergi ke gereja. Pernikahan harus dilakukan di rumah algojo," kata Harrington. "Beberapa sekolah bahkan tidak mau menerima anak-anak algojo."

Isolasi sosial ini berarti bahwa algojo dibiarkan bergaul dengan orang lain yang dipaksa menduduki dunia bawah masyarakat, 'yang tidak diinginkan' seperti pelacur, penderita kusta, dan penjahat. Itu hanya meningkatkan kecurigaan publik terhadap algojo dan keluarga mereka.

Namun, ada beberapa fasilitas profesional untuk pekerjaan mengerikan ini. Algojo mendapat keuntungan dari sesuatu yang disebut havage, semacam pajak yang memberi mereka hak untuk mengambil sebagian makanan dan minuman dari pedagang pasar secara gratis, kata Klemettil-McHale. Terlebih lagi, "pihak berwenang biasanya memberi algojo penginapan gratis dan membebaskannya dari bea dan pajak," katanya kepada Live Science. Tunjangan kecil ini dimaksudkan untuk mengimbangi isolasi sosial algojo dan untuk memaksa mereka tetap bekerja.

Namun yang bertentangan dengan posisi sosial mereka yang rendah adalah profesionalisme yang diharapkan ditunjukkan oleh para algojo dalam pekerjaan mereka. Sementara bisnis eksekusi mungkin tampak membutuhkan sedikit lebih dari kekuatan kasar dan kebiadaban, pada kenyataannya, algojo membutuhkan tingkat keahlian yang relatif tinggi untuk melakukan pekerjaan dengan lancar, kata Klemettil-McHale.