Menghirup Baju Pasangan Bisa Atasi Stres? Begini Penjelasan Ahli

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 26 September 2022 | 16:30 WIB
Mengedus baju pasangan bisa mengurangi stress pasangan menurut sebuah studi. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id - Jika Anda merasa stres, menghirup baju pasangan dapat membantu Anda merasa lebih santai. Hal ini menurut sebuah studi baru yang diterbitkan 3 Januari di Journal of Personality and Social Psychology.

Para peneliti dari University of British Columbia (UBC) menemukan bahwa mencium pakaian pasangan yang romantis dikaitkan dengan tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah dalam darah wanita.

"Banyak orang memakai baju pasangannya atau tidur di sisi tempat tidur pasangannya saat pasangannya pergi, tetapi mungkin tidak menyadari mengapa mereka melakukan perilaku ini," ujar penulis utama studi Marlise Hofer, mahasiswa pascasarjana di Departemen Psikologi UBC.

"Temuan kami menunjukkan bahwa aroma pasangan saja, bahkan tanpa kehadiran fisik mereka, dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu mengurangi stres," sambungnya.

Para peneliti melibatkan 96 pasangan lawan jenis dalam penelitian ini. Para pria diminta untuk memakai kaus selama 24 jam, tanpa memakai deodoran atau produk tubuh beraroma. Mereka juga diminta untuk tidak merokok dan hanya makan makanan yang tidak akan memengaruhi aroma tubuh mereka. Setelah kaus dipakai selama sehari, kaus itu dibekukan untuk menjaga baunya.

Kemudian, para wanita itu diberi dua kaus untuk dicium: kaus yang belum dipakai dan kaus milik orang asing atau pasangan wanita itu sendiri. Dengan kata lain, wanita diberi kaus yang belum dipakai dan kemeja pasangannya untuk dicium, atau kaus yang belum dipakai dan kemeja orang asing untuk dicium. Pada kedua kelompok, para wanita tidak diberi tahu apakah kedua kemeja itu dikenakan, atau siapa yang memakai baju itu.

Wanita cenderung memiliki indera penciuman yang lebih baik daripada pria, itulah sebabnya mereka dipilih untuk menjadi pencium dalam penelitian tersebut, kata para peneliti.

Setelah mencium dua kemeja, para wanita berpartisipasi dalam wawancara kerja tiruan dan tugas matematika mental; ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat stres mereka. Untuk mengukur stres, para peneliti mengajukan pertanyaan kepada para wanita tentang seberapa banyak stres yang mereka rasakan dan mengumpulkan sampel air liur untuk mengukur kadar kortisol, menurut pernyataan itu.

Para peneliti menemukan dalam percobaan, para wanita yang menerima kaus yang dikenakan oleh pasangan mereka, bukan orang asing, memiliki kadar kortisol yang lebih rendah.

Di antara wanita yang menerima kemeja pasangannya, ditambah kemeja yang belum dipakai, mencium kaus pasangan dikaitkan dengan penurunan kadar kortisol yang signifikan, dibandingkan dengan mencium kemeja yang belum dipakai. 

Selain itu, para wanita yang mencium baju pasangannya mengatakan bahwa mereka merasa lebih sedikit stres baik sebelum dan sesudah wawancara dan tes matematika.

Lebih jauh, efeknya lebih besar pada wanita yang mengenali bahwa wewangian itu milik pasangan mereka, menunjukkan manfaat aroma orang yang dicintai paling kuat ketika wanita tahu apa yang mereka cium, menurut penelitian tersebut.