Kisah Hera, Dewi Pernikahan yang Pendendam di Mitologi Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 21 September 2022 | 08:00 WIB
Dewi Hera. (realmofhistory.com)

 

Nationalgeographic.co.id - Hera dikenal dengan gelar Latinnya sebagai Juno. Paling dikenal dalam budaya Barat sebagai istri Zeus, raja para dewa. Dalam cerita dan legenda di sekitarnya, Hera sering memberikan kekuatan dan pengaruh yang cukup besar, seperti halnya dengan banyak pernikahan fana—yang bertentangan dengan keinginan suaminya. 

Salah satu hal tentang Hera yang kurang dikenal di kalangan siswa pengetahuan Yunani-Romawi adalah sejarah interpretasi yang luas tentang dia. Ini adalah sejarah yang dimulai sebelum dan melampaui era Helenistik. 

Hera dalam Mitologi Yunani-Romawi

Seperti Tiberius dalam sejarah Romawi, Hera tidak mau meneruskan tahta kekuasaan kerajaan. Sebagai yang termuda dari Olympians, dia diselamatkan oleh saudara laki-lakinya Zeus ketika menyelamatkan saudara-saudaranya dari ayah mereka Kronos (Latin: Saturnus). Kemudian, Zeus menipunya untuk menikahinya, dan dengan cara itu dia menjadi ratu para dewa.

Meskipun Hera akhirnya dihormati sebagai dewi pelindung pernikahan, hubungannya sendiri dengan Zeus tidak stabil karena perselingkuhan yang sering terjadi. Ironisnya, sementara raja para dewa terkenal karena eksploitasi seksualnya, Hera sering digambarkan oleh penulis Yunani dan Romawi kuno sebagai perawan yang sudah menikah. Meskipun dalam catatan oleh Homer dan Virgil dia sering berhubungan seks dengan suaminya.

Sementara Zeus terus terlibat dalam urusan dengan wanita lain, perzinahannya sering diimbangi oleh kecenderungan licik dan dengki Hera di belakang. Tidak dapat menghukum makhluk paling kuat di alam semesta, Hera sering melampiaskan rasa frustrasinya terhadap Zeus pada satu-satunya kelompok orang yang dapat dia sakiti: pencinta manusia Zeus dan anak-anak setengah dewa mereka.

Contoh penting dari hal ini terlihat dalam kisah kelahiran Dionisus di mana Hera menipu Zeus untuk secara tidak sengaja membakar Semele, ibu Dionisus, memfasilitasi kebutuhan Zeus untuk mengerami janin dewa sampai matang untuk lahir.

 Baca Juga: Dewa Anggur Dionisos, Mitologi Yunani atau Diadopsi dari Tradisi Lain?

 Baca Juga: Mencengangkan! Ini Jumlah Anak Zeus, Dewa Paling Berkuasa di Olimpus

 Baca Juga: Legenda Hercules Menangkap Babi Erymanthian yang Meyusahkan Warga

Kemarahan Hera lainnya terhadap pencinta manusia Zeus terlihat dalam mitos Hercules. Meskipun di sini perhatian Hera lebih diarahkan pada setengah dewa itu sendiri. Hera mengejek Hercules sepanjang hidupnya dan secara langsung bertanggung jawab atas kegilaan setengah dewa yang menyebabkan Hercules membunuh anak-anaknya sendiri dan pergi ke pengasingan sesudahnya. Tindakan mengerikan inilah, yang disebabkan oleh pengaruh Hera, yang juga membuat Hercules mencari penebusan dengan cara menyelesaikan dua belas pekerjaan besar untuk raja Eurystheus.

Namun Hera tidak sepenuhnya berubah-ubah dalam tradisi Yunani-Romawi dan jauh lebih dicintai daripada ditakuti oleh rakyatnya. Bahkan dalam cerita Hercules, setengah dewa sendiri membawa persembahan dan pengorbanan untuk Hera.

Kecintaannya pada bangsa dan orang tertentu terbukti paling jelas dalam Aeneid karya Virgil di mana dia adalah dewi pelindung bagi orang Kartago Afrika Utara. Pada saat yang sama, cintanya pada Carthage datang dengan mengorbankan Trojan yang dianiaya dan dikejar Hera di seluruh Aeneid dalam upaya sia-sia untuk mencegah pemenuhan nubuat ilahi. Nubuat ini menyatakan bahwa keturunan Troy (yaitu Romawi) suatu hari akan menggulingkan dan menghancurkan Kartago.