Misteri Gunung Berapi Yunani: Konflik Penentuan Tanggal Letusan Thera

By Wawan Setiawan, Sabtu, 24 September 2022 | 13:00 WIB
Pulau Santorini di Yunani, yang secara tradisional dikenal sebagai Thera. Mengalami salah satu letusan gunung berapi terbesar di zaman Holosen, kemungkinan besar antara 1609 dan 1560 SM, menurut analisis baru ilmuwan. (Sturt Manning, Cornell University)

Nationalgeographic.co.id - Salah satu letusan gunung berapi terbesar di zaman Holosen yang diukur dengan volume material yang dikeluarkan terjadi di pulau Santorini, Yunani. Letusan ini juga dikenal sebagai Thera. Ini dianggap sebagai peristiwa penting dalam prasejarah wilayah Aegea dan Mediterania Timur. Yang menyebabkan kota Akrotiri, terkubur sekitar 1.600 tahun sebelum Pompeii. Sehingga menjadi salah satu situs arkeologi utama pada milenium kedua SM. Itu tidak terbantahkan.

Para arkeolog di awal abad ke-20 mengemukakan gunung berapi ini meletus sekitar 1500 SM, selama periode Kerajaan Baru Mesir. Menciptakan sejarah seputar asumsi ini. Akan tetapi mulai tahun 1970-an, kemajuan dalam penanggalan radiokarbon telah melemparkan garis waktu itu ke dalam kekacauan. Banyak para ahli yang bersikeras bahwa letusan itu terjadi lebih dari 100 tahun sebelumnya.

Sturt Manning, Profesor Seni dan Ilmu Pengetahuan yang Terhormat dalam Arkeologi Klasik di Sekolah Tinggi Seni dan Sains, berharap untuk menyelesaikan salah satu perselisihan arkeologi modern yang sudah berlangsung lama ini. Dengan menguraikan data yang tersedia dan menggabungkannya dengan analisis statistik mutakhir, ia telah memusatkan perhatian pada rentang tanggal letusan yang jauh lebih sempit: sekitar 1609-1560 SM. Selama Periode Menengah Kedua Mesir sebelumnya, ketika Hyksos—sebuah dinasti asal Kanaan—menguasai Mesir Hilir.

Meskipun belum ada tanggal yang tepat, hingga tahun, untuk menyelesaikan pertanyaan gambaran besar tentang periode sejarah yang benar, temuan ini mengklarifikasi perdebatan bertahun-tahun.

"Ini adalah tanggal yang paling diperebutkan dalam sejarah Mediterania selama lebih dari 40 tahun," kata Manning, yang memimpin Laboratorium Cornell Tree Ring. "Ini adalah salah satu perselisihan tanpa akhir. Sampai pada titik di mana orang hanya mengatakan, 'ada masalah di sini, kita tidak bisa menyelesaikannya, mari kita lanjutkan.' Saya berharap dengan makalah ini orang-orang mungkin tiba-tiba berkata, 'Anda tahu, ini sebenarnya membatasi dan mendefinisikan masalah dengan cara yang belum pernah kami lakukan sebelumnya, dan mempersempitnya ke tempat, yang berguna, yang dapat kami katakan itu di Periode Menengah Kedua. Jadi kita harus mulai menulis sejarah yang berbeda.'"

Akrotiri telah digali selama lima dekade terakhir. (Klearchos Kapoutsis, CC BY)

Bagi Manning, letusan Thera seperti Gunung Everest. Sebuah tantangan yang ingin ia atasi sejak awal karirnya. Penanggalan peristiwa yang akurat menjadi lebih layak dalam beberapa tahun terakhir dengan peningkatan kecanggihan analisis statistik Bayesian. Memungkinkan pemodelan kronologis yang dapat mengintegrasikan sejumlah besar data dan pengamatan arkeologi untuk lebih menentukan parameter probabilitas bagi peristiwa yang tidak diketahui.

Potongan teka-teki yang hilang telah menjadi kekhawatiran yang sering muncul bahwa emisi karbon dioksida vulkanik dapat mencemari sampel organik dari Thera dan menyebabkan penilaian usia yang salah. Musim semi lalu, Manning menyadari bahwa dia bisa memecahkan masalah dengan mencari di tempat lain, ratusan kilometer dari Thera. Ini masuk ke wilayah Laut Aegea yang mengalami efek tsunami akibat letusan.

 Baca Juga: Penemuan Perdana Kerangka Korban Tsunami Akibat Letusan Thera di Turki

 Baca Juga: Saat Gunung Toba Meletus, Bagaimana Kondisi Bumi dan Manusia Purba?

 Baca Juga: Letusan Mengerikan Supervolcano Yellowstone yang Menghantui Bumi

Manning memasukkan tanggal yang diperoleh untuk episode ini ke dalam modelnya untuk menguji, dan mengabaikan, peringatan karbon dioksida vulkanik. Di Thera sendiri, dia juga melihat pentingnya kesenjangan waktu yang singkat tetapi teramati dengan jelas antara ditinggalkannya kota di Akrotiri dan letusan besar, dan dia memasukkan batasan yang sebelumnya diabaikan ini ke dalam pemodelan.