Kisah Kepahlawanan Sie Jin Kwie dalam Pementasan Wayang Potehi

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB
Penampilan wayang potehi membawakan kisah Sie Jin Kwie. Adegan cerita menampilkan pertarungan demi mempertahankan kedaulatan Tay Tong Tya dari ancaman musuh. (Donny Fernando)

Nationalgeographic.co.id—Pada masa awal Dinasti Tang, dikisahkan kerajaan Tay Tong Tya berhasil selamat setelah dikepung musuh, Kerajaan Liu Tang Ko Le Kok. Semua berkat Sie Jin Kwie dan saudara angkatnya atas permintaan menteri Thio Su Kwie.

Perlahan-lahan, peperangan membuat Tay Tong Tya unggul dengan menguasai satu per satu benteng kota kerajaan milik musuh. Kaisar Lie Si Bin yang mengetahui peranan Sie Jin Kwie hendak bertemu dengannya. Sie Jin Kwie (Xue Ren Gui) punya kesan tersendiri bagi Sang Kaisar.

Penasihat kerajaan bernama Kunsu Cie Bouw Kong menyarankan agar Kaisar tidak terburu-buru untuk bertemu dengan Sie Jin Kwie. Namun, Kaisar Lie Si Bin bersikeras karena hendak mengetahui kehebatannya dalam bertempur demi menyelamatkan kerajaan.

Sang Penasihat hanya menyarankan, jika demikian, Kaisar harus berburu ke hutan tanpa pengawalan. Beberapa tokoh di kerajaan terkejut dengan saran itu, sebab itu tandanya Kaisar bisa dalam bahaya dengan serangan musuh. Kaisar Lie Si Bin menyetujui saran penasehatnya.

Sebagai kelanjutannya, sebelum Kaisar melanjutkan pencariannya, Kunsu Cie Bouw Kong memintanya berjanji. Janji itu adalah jika Sie Jien Kwie menderita tiga tahun karena pertemuan ini, Kaisar Lie Sie Bin harus mengampuninya. Kaisar menerimanya dan langsung pergi berburu ke hutan dengan menunggangi kuda.

Saat berburu di hutan, Kaisar Lie Sie Bin justru bertemu dengan panglima musuh bernama Kay Souw Bun. Sontak, Kaisar berlari kabur dengan dengan kudanya, dan Kay Souw Bun mengejarnya. 

Sie Jin Kwie bertarung demi menjaga kedaulatan kerajaan Tay Tong Tya. Dia dikenal sebagai kalangan bawah tetapi memiliki jiwa pahlawan yang dikagumi Kaisar Lie Sie Bin. (Donny Fernando)

Situasi makin menjepit Kaisar yang sendirian tanpa pengawalan. Di pinggiran suatu sungai, kuda Kaisar terperosok terjebak lumpur, sementara Kay Souw Bun benar-benar sudah di depan matanya, seolah menjemput kematiannya.

Tiba-tiba Sie Jin Kwie muncul tanpa diduga kaisar maupun Kay Souw Bun. Rupanya dia datang dari tempatnya beristirahat dan kuda miliknya gelisah. Instingnya inilah yang membuat Sie Jin Kwie segera meluncur bersama kuda dan senjatanya. Kay Souw Bun pun dikalahkahkan Sie Jin Kwie, dan nyawa Kaisar Lie Sie Bin selamat.

Momen inilah pertama kali Kaisar Lie Sie Bin dan Sie Jin Kwie bertemu langsung. Sie Jin Kwie memperkenalkan dirinya. Setelah perbincangan lebih lama, ternyata Kaisar mengetahui bahwa selama ini Thio Su Kwie telah membohongi dan menutup-nutupi keberadaan Sie Jin Kwie. Penasihatnya selama ini adalah pemberontak.

Ratu Kelabang alias Bwe Goat Eng dalam wayang kulit cina yang dipentaskan oleh Rumah Cinta Wayang (Rumah Cinwa). Dia adalah sosok antagonis yang hendak menguasai Kerajaan Tay Tong Tya dalam kisah Sie Jin Kwie. (Donny Fernando)

Singkatnya, Sie Jin Kwie diminta untuk menumpas pemberontakan Thio Su Kwie. Hadiah yang diberikan Kaisar tidak tanggung-tanggung, bahkan memberikannya jodoh. Sie Jin Kwie mengatakan bahwa dia sebenarnya telah beristri. Namun, siapa yang berani menolak permintaan penguasa negeri, dia harus menikah dengan perempuan yang ditunjuk Kaisar.