Ilmuwan Membuat Peta Pertama 'Kuburan Bintang Mati' Kuno Bimasakti

By Wawan Setiawan, Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Tampilan terpisah dari galaksi Bimasakti yang terlihat versus dunia bawah galaksinya. (Sydney University)

Nationalgeographic.co.id - Peta pertama 'dunia bawah galaksi'—bagan mayat matahari yang dulunya sangat besar yang telah runtuh menjadi lubang hitam dan bintang neutron—telah mengungkapkan kuburan yang membentang tiga kali ketinggian Bimasakti, dan itu hampir sepertiga dari objek telah terlempar keluar sama sekali dari galaksi.

"Sisa-sisa kompak bintang mati ini menunjukkan distribusi dan struktur yang berbeda secara fundamental dengan galaksi yang terlihat," kata David Sweeney, seorang mahasiswa PhD di Sydney Institute for Astronomy di University of Sydney, dan penulis utama makalah yang diterbitkan di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society pada 25 Agustus. Makalah tersebut berjudul "The Galactic underworld: The spatial distribution of compact remnants."

"'Ketinggian dunia bawah galaksi lebih dari tiga kali lebih besar di Bimasakti itu sendiri," tambahnya. "Dan 30 persen objek yang menakjubkan telah dikeluarkan sepenuhnya dari galaksi."

Bintang neutron dan lubang hitam terbentuk ketika bintang masif yang berukuran lebih dari delapan kali lebih besar dari Matahari kita, kehabisan bahan bakar dan tiba-tiba runtuh. Ini memicu reaksi tak terkendali yang menghancurkan bagian luar bintang dalam ledakan supernova raksasa. Sementara inti terus menekan dirinya sendiri sampai ia menjadi bintang neutron atau lubang hitam.

Dalam bintang neutron, intinya sangat padat sehingga elektron dan proton dipaksa untuk bergabung pada tingkat subatomik menjadi neutron, meremas massa totalnya menjadi bola yang lebih kecil dari kota. Jika massa bintang aslinya lebih besar dari 25 kali Matahari kita, keruntuhan yang didorong oleh gravitasi itu terus berlanjut, hingga intinya begitu padat sehingga bahkan cahaya pun tidak dapat lolos. Kedua jenis mayat bintang ini membengkokkan ruang, waktu, dan materi di sekitar mereka.

Meskipun miliaran pasti telah terbentuk sejak galaksi masih muda, bangkai eksotis ini terlempar ke kegelapan ruang antarbintang oleh supernova yang menciptakannya. Karenanya terlepas dari pandangan dan pengetahuan para astronom—sampai sekarang.

Gambaran warna galaksi Bimasakti yang terlihat (atas) dibandingkan dengan kisaran galaksi dunia bawah (bawah). (Sydney University)

Dengan hati-hati menciptakan siklus hidup penuh bintang mati kuno, para peneliti telah membangun peta rinci pertama yang menunjukkan di mana mayat mereka berada.

"Salah satu masalah untuk menemukan benda-benda kuno ini adalah, sampai sekarang, kami tidak tahu ke mana harus mencarinya," kata Profesor Peter Tuthill dari Sydney Institute for Astronomy, rekan penulis di makalah tersebut. "Bintang neutron dan lubang hitam tertua diciptakan ketika galaksi lebih muda dan berbentuk berbeda. Kemudian mengalami perubahan kompleks selama miliaran tahun. Merupakan tugas utama untuk memodelkan semua ini untuk menemukannya."

Bintang neutron dan lubang hitam yang baru terbentuk sesuai dengan galaksi saat ini, sehingga para astronom tahu ke mana harus mencari. Namun bintang neutron tertua dan lubang hitam seperti hantu yang masih menghantui rumah yang sudah lama dihancurkan, sehingga lebih sulit ditemukan.

 Baca Juga: Astronom Deteksi 35 Tabrakan Lubang Hitam, Ada yang Sampai Menyatu

 Baca Juga: Kejadian Kosmik Baru, Lubang Hitam yang Menelan Bintang Neutron