Praktik Lelang Istri Era Victoria, Lehernya Diikat Tali Bak Hewan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 3 Oktober 2022 | 07:02 WIB
Karikatur Inggris tahun 1820 menggambarkan kebiasaan kuno Inggris tentang (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Di zaman modern, lelang biasa digunakan untuk barang-barang saja. Namun tahukah Anda? Pada era Victoria, aneh tapi nyata, lelang istri sangat marak terjadi.

Kasus penjualan istri pertama yang tercatat terjadi pada tahun 1553 M. Namun, beberapa sejarawan berpendapat bahwa praktik itu jauh lebih tua dan berasal dari Anglo-Saxon, dimulai pada abad ke-11 atau ke-12. Karena munculnya surat kabar, pelelangan istri paling terlihat di Inggris antara tahun 1750 hingga 1850.

Namun, bagi banyak orang di kelas bawah, karena tidak mampu membayar biaya perceraian, menjual istri dipandang sebagai alternatif terbaik tidak hanya oleh suami, tetapi juga istri, yang dalam banyak kasus rela menjual dirinya kepada pelamar lain.

Kesulitan Perceraian Membuat Lelang Istri Bermanfaat

Sebagai wanita yang sudah menikah, para istri kehilangan hak milik, aliran pendapatan, dan kemampuan untuk menandatangani kontrak dengan suami mereka. Akan tetapi, biaya perceraian yang mahal, dan sifat rumit dari hukum Inggris, membuat sangat sulit bagi istri untuk berpisah secara sah dari pasangannya dan kembali ke status ‘feme solo’, ketika seorang wanita dapat mengambil kembali hak-haknya yang hilang dalam pernikahan.

Di Inggris Victoria, perceraian hanya diizinkan jika suami atau istri dapat membuktikan kekejaman atau perzinahan yang mengancam jiwa. Namun, jalur perceraian tradisional ini sangat mahal, menelan biaya 1000-an pound. Untuk pekerja tidak terampil di abad ke-19, gaji mingguan rata-rata adalah 75p, yang berarti bahwa Undang-Undang Parlemen tidak mungkin diberikan untuk kelas pekerja.

Meskipun istri diizinkan secara hukum untuk mendapatkan Undang-Undang Parlemen, tugas membuktikan perselingkuhan suaminya seringkali sangat sulit, karena, tidak seperti suami, ia memerlukan bukti tambahan untuk tindakan yang memberatkan seperti inses atau bigami. Antara tahun 1700 hingga 1857, hanya 8 dari 338 yang mencoba bercerai melalui Undang-Undang Parlemen adalah perempuan, dan hanya 4 dari mereka yang berhasil mengklaim.

Istri Dijual, Masalah Lelang Istri Terpecahkan

Tata cara jual beli istri paling mirip dengan jual beli ternak. Sebelum pelelangan, sang suami biasanya mengiklankan penjualan tersebut, sering kali menggunakan juru sita kota untuk menyebarkan berita tentang waktu dan lokasi kepada calon penawar. Mereka juga bisa memasang iklan di surat kabar lokal di mana mereka bisa jujur secara brutal ketika memuji kebajikan serta hal terburuk dari istri mereka.

Pelelangan istri populer di kalangan kelas bawah di Inggris dari sekitar tahun 1700 hingga 1850 karena perceraian itu mahal dan rumit. Karya seni Thomas Rowlandson (1756-1827) 'Selling a Wife'. (Thomas Rowlandson)

Kampanye iklan yang sukses dapat mendatangkan ratusan bahkan ribuan penawar. Pada hari pelelangan, setelah membayar tol pasar seperti pedagang lainnya, sang istri sering kali digiring dengan tali pengikat di lehernya, seolah-olah dia adalah hewan ternak. Kemudian dibawa berjalan-jalan di sekitar pasar di mana calon pelamar bisa lebih dekat. 

Sebelum penjualan, suami atau pekerja profesional akan memuji sifat-sifat baik istri. Dalam sebuah penjualan dari tahun 1832, seorang pria siap memberikan semua keuntungan istrinya: