Studi Terbaru: Infeksi COVID-19 Bawa Peningkatan Risiko Gangguan Otak

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 3 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Diperkirakan 6,6 juta orang telah menderita gangguan otak yang terkait dengan COVID-19. (CDC )

Nationalgeographic.co.id—Hubungan antara COVID-19 dan masalah neurologis, yaitu penyakit yang ditimbulkan akibat kelainan pada sistem saraf manusia telah didokumentasikan dengan baik. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian terbaru.

Dalam Nature Medicine edisi 22 September, analisis yang lebih komprehensif menggunakan data kesehatan federal menunjukkan bahwa pada tahun pertama setelah terinfeksi COVID-19 ada peningkatan risiko stroke, masalah kognitif dan memori, depresi, kecemasan, sakit kepala migrain, gangguan gerakan, kelainan pendengaran dan penglihatan, masalah keseimbangan dan koordinasi, serta Parkinson.

Dengan sampel terbatas pada pasien rawat inap, dan memiliki durasi tindak lanjut kurang dari enam bulan. 

“Kami mengevaluasi 44 otak dan gangguan neurologis lainnya di antara pasien yang tidak dirawat di rumah sakit dan dirawat di rumah sakit, termasuk mereka yang dirawat di unit perawatan intensif,” kata penulis senior Ziyad Al-Aly, M.D., ahli epidemiologi klinis di Universitas Washington.

“Hasilnya menunjukkan efek jangka panjang yang menghancurkan dari COVID-19. Ini adalah bagian tak terpisahkan dari COVID yang panjang. Virus ini tidak selalu jinak seperti yang dipikirkan beberapa orang,” sambungnya.

Para peneliti menganalisis sekitar 14 juta catatan medis pasien yang tidak teridentifikasi dari segala usia, ras, dan jenis kelamin dari database yang dikelola oleh Departemen Urusan Veteran AS. Data tersebut mendahului delta, omicron, dan varian COVID lainnya.

“Kami melihat masalah otak pada individu yang sebelumnya sehat dan mereka yang memiliki infeksi ringan,” ujar Al-Aly.

“Tidak masalah apakah Anda muda atau tua, perempuan atau laki-laki, atau apa ras Anda. Tidak masalah jika Anda merokok atau tidak, atau jika memiliki kebiasaan atau kondisi tidak sehat lainnya,” sambungnya lagi.

  

Baca Juga: Dunia Hewan: Tak Semua Satwa Liar Pulih selama Kuncitara COVID-19

Baca Juga: Identifikasi Antibodi yang Membuat Vaksin Covid Tidak Diperlukan Lagi

Baca Juga: COVID-19 Lebih Mematikan Bagi Orang dengan Gangguan Intelektual