Di Zaman Kuno, Hanya Kaum Elit Punya Budak Khusus Menuangkan Air Mandi

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Pemandian umum di Yunani kuno dengan pria berdiri di bawah dua semburan air berbentuk seperti kepala macan kumbang. (Amusing planet)

Nationalgeographic.co.id—Kebiasaan mandi ternyata telah dipraktikan sejak zaman kuno. Namun ada sedikit perbedaan, pada zaman kuno, mereka mandi di bawah air terjun. Ini merupakan pancuran pertama yang digunakan oleh manusia.

Mandi buatan manusia pertama yang memberikan hak istimewa untuk mandi dalam privasi rumah seseorang berasal dari zaman Mesir kuno dan Mesopotamia. Ini umumnya dinikmati oleh orang kaya karena melibatkan seorang budak dalam banyak kasus dengan bertugas menuangkan kendi air dari atas.

Ada lukisan dinding di kuil dan bangunan yang menunjukkan bagaimana pelayan memandikan ratu Mesir kuno dan anggota keluarga kerajaan. Penggalian rumah-rumah kaya di Thebes, El Lahun, dan Amarna menemukan kamar-kamar berlapis batu yang dilengkapi dengan lantai miring yang memungkinkan air mandi mengalir.

Orang Yunani kuno memiliki kamar mandi dalam ruangan di gimnasium yang mereka pasang melalui kemajuan saluran air dan pipa ledeng. Semburan air dingin mengalir dari langit-langit sementara para pemandi berdiri di bawahnya. Bangsa Romawi kuno, seperti orang Yunani, juga memiliki kamar mandi di pemandian mereka yang masih dapat ditemukan di sekitar Mediterania dan di Inggris modern.

Potongan kayu abad ke-19 yang menggambarkan seorang wanita Mesir kuno yang sedang mandi dengan bantuan pelayan wanitanya di Thebes, Mesir. (Amusing planet)

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, pemandian umum tidak lagi disukai, terutama percampuran jenis kelamin karena mandi telanjang di depan lawan jenis memancing nafsu.

Sementara pemandian umum tidak digunakan pada Abad Pertengahan, bertentangan dengan kepercayaan populer. Pada abad ke-18, minat terhadap kebersihan pribadi mulai tumbuh sekali lagi dipicu oleh kemajuan dalam bidang kedokteran dan epidemiologi. Tapi mandi adalah proses yang lambat. Bak mandi besar dan membutuhkan banyak air untuk diisi, yang harus dipanaskan dan dibawa ke kamar mandi dari dapur dalam ember. Itu melibatkan banyak tenaga kerja.

Edwin Ruud berdiri di samping pemanas air yang ia ciptakan. Di sebelah kanan adalah diagram yang menunjukkan bagian dalam pemanas air instan Ruud. (Amusing planet)

Pabrikan kompor dan pemanas Inggris bernama William Feetham memutuskan untuk mempercepatnya. Dia menciptakan dan mematenkan shower mekanis pertama di dunia. Alatnya terdiri dari baskom, tempat perenang berdiri, dan tangki air yang menjorok. Perenang menggunakan pompa tangan untuk memompa air dari baskom ke tangki, dan kemudian menarik rantai untuk membuang semua air sekaligus di atas kepalanya. Proses itu kemudian diulang.

Penemuan Feetham gagal membangkitkan minat di kalangan bangsawan karena air akan menjadi lebih kotor dan lebih dingin setiap kali rantai ditarik. Dibanjiri dengan kejutan air dingin terlalu banyak untuk orang kaya, yang terbiasa mandi air panas di kamar mandi besar dan bak yang luas. Namun demikian, pancuran Feetham adalah yang terbaik yang dimiliki orang selama lebih dari satu abad.

Mandi dipopulerkan pada pertengahan abad ke-19 oleh seorang dokter Prancis Merry Delabost. Sebagai ahli bedah umum di penjara Bonne Nouvelle di Rouen, Delapost mengganti kamar mandi pribadi dengan kamar mandi umum wajib untuk digunakan oleh para tahanan, dengan alasan bahwa mereka lebih ekonomis dan higienis.