Mengapa Ratu Hatshepsut Dihapus dari Sejarah Mesir Kuno? Ini Alasannya

By Sysilia Tanhati, Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:42 WIB
Ia membawa begitu banyak kebaikan bagi Mesir kuno, namun mengapa Ratu Hatshepsut dihapus dari sejarah Mesir kuno? (Metropolitan Museum of Art)

Nationalgeographic.co.id—Tidak banyak yang diketahui tentang Ratu Hatshepsut. Ratu yang pernah menjadi wanita paling berkuasa di Mesir ini adalah firaun kelima dari Dinasti ke-18. Meski ia lebih berkuasa dari Cleopatra, sejarawan menganggap masa hidupnya yang singkat tidak ditulis dengan baik. Apa sebabnya? Sebagian sejarawan curiga jika dari waktu ke waktu ada yang mencoba menghapus kisah-kisah sang firaun wanita dari sejarah. Mengapa seseorang bertindak begitu keji sehingga Ratu Hatshepsut dihapus dari sejarah Mesir kuno?

Wanita pertama dalam sejarah dunia kuno yang memiliki begitu banyak kekuatan

Lahir pada 1479 Sebelum Masehi, Hatshepsut dengan cepat memahami cara kerja dan pentingnya Mesir di dunia Kuno. Aturan seperti di negara timur tengah mana pun sangat ketat tetapi penting bagi kemakmuran kekaisaran. Selain menjadi firaun di usia yang sangat muda, ia dianggap sebagai firaun wanita paling kuat.

Ahli sejarah Meski kuno James Henry menyebutkan bahwa Hatshepsut dianggap sebagai wanita pertama dalam sejarah umat manusia yang memiliki banyak kekuatan.

Bagaimana Cleopatra yang terkenal dengan kecerdasan dan kecantikannya itu? Menurut Henry, kekuatan yang dimiliki Cleopatra tidak mencapai seperempat dari kekuatan yang dimiliki Ratu Hatshepsut selama masa pemerintahannya.

Kekuatan bak senjata makan tuan

Banyak sejarawan juga berpendapat bahwa kekuatannya itu justru menjadi senjata makan tuan bagi Hatshepsut. Setelah masa pemerintahannya, para pemimpin di Mesir mencoba menghilangkannya dari sejarah dengan menghapus segala informasi tentangnya.

Mengapa mereka melakukannya? Kemungkinan besar karena dengan berapa banyak yang dicapai dalam waktu yang begitu singkat. Pencapaiannya itu bisa jadi membuat para firaun pria malu dan merasa tersaingi.

Arkeolog menemukan sedikit catatan tentang Hatshepsut

“Namun ternyata catatan dari masa lalu tidak semuanya dihapus,” tutur Andrei Tapalagi di laman History of Yesterday. Dalam beberapa tahun terakhir, arkeolog menemukan beberapa peninggalan yang mewakili informasi dari masa lalu tentang Hatshepsut.

Institut Arkeologi Jerman menemukan sebuah batu besar dengan hieroglif yang menunjukkan berasal dari era yang sama dengan pemerintahan Ratu Hatshepsut. Batu itu ditemukan di Pulau Elephantine di sungai Nil.

Seseorang begitu ingin melenyapkannya, bahkan setelah kematiannya. Namanya dihapus dari patung, patungnya diubah manjadi patung pria. (German Institute of Archeology)