Transisi Energi adalah Kunci Mengatasi Krisis Energi dan Krisis Iklim

By Utomo Priyambodo, Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:15 WIB
Ilustrasi krisis energi. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang turut mempengaruhi masyarakat Indonesia adalah salah satu dampak dari krisis energi global yang saat ini sedang terjadi. Krisis energi ini akan terus memburuk selama masyarakat dunia tidak segera beralih dari sumber energi kotor dan tidak terbarukan ke energi bersih dan terbarukan.

Bagaimanapun, intervensi jangka pendek untuk mengatasi krisis energi saat ini harus disertai dengan fokus yang teguh pada tujuan transisi energi jangka menengah dan panjang. Harga bahan bakar fosil yang tinggi, masalah keamanan energi, dan urgensi perubahan iklim menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk bergerak lebih cepat ke sistem energi bersih, sebut laporan World Energy Transitions Outlook 2022.

Diluncurkan oleh International Renewable Energy Agency (IRENA) di Berlin Energy Transition Dialogue pada tahun ini, laporan tersebut menetapkan area prioritas dan tindakan berdasarkan teknologi yang tersedia yang harus direalisasikan pada tahun 2030 untuk mencapai emisi nol bersih pada 2050. Laporan ini juga mencatat kemajuan di semua penggunaan energi hingga saat ini, dengan jelas menunjukkan kecepatan dan skala transisi berbasis energi terbarukan yang tidak memadai.

“Transisi energi masih jauh dari rencana dan tindakan radikal apa pun di tahun-tahun mendatang akan berkurang, bahkan menghilangkan peluang untuk memenuhi tujuan iklim kita," kata Francesco La Camera, Direktur Jenderal IRENA, seperti dikutip dari laman resmi badan tersebut.

“Saat ini, para pemerintah menghadapi berbagai tantangan keamanan energi, pemulihan ekonomi, dan keterjangkauan tagihan energi untuk rumah tangga dan bisnis. Banyak jawaban terletak pada transisi yang dipercepat," ujarnya.

"Tapi itu adalah pilihan politik untuk menerapkan kebijakan yang sesuai dengan Perjanjian Paris dan Agenda Pembangunan Berkelanjutan. Berinvestasi dalam infrastruktur bahan bakar fosil baru hanya akan mengunci praktik yang tidak ekonomis, melanggengkan risiko yang ada, dan meningkatkan ancaman perubahan iklim.”

“Sudah saatnya untuk bertindak”, tambah La Camera. “Perkembangan terakhir dengan jelas menunjukkan bahwa harga bahan bakar fosil yang tinggi dapat mengakibatkan kemiskinan energi dan hilangnya daya saing industri. 80% dari populasi global tinggal di negara-negara yang merupakan importir bersih bahan bakar fosil. Sebaliknya, energi terbarukan tersedia di semua negara, menawarkan jalan keluar dari ketergantungan impor dan memungkinkan negara-negara untuk memisahkan ekonomi dari biaya bahan bakar fosil sambil mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja baru.”

Laporan tersebut juga melihat kebutuhan investasi sebesar 5,7 triliun dolar AS per tahun hingga 2030 termasuk keharusan untuk mengalihkan 0,7 triliun dolar AS per tahun dari bahan bakar fosil untuk menghindari aset yang terlantar. Berinvestasi dalam transisi energi diyakini akan membawa manfaat sosial ekonomi dan kesejahteraan yang nyata, menambahkan 85 juta pekerjaan di seluruh dunia dalam energi terbarukan dan teknologi terkait transisi lainnya antara hari ini dan 2030. Perolehan pekerjaan ini sebagian besar akan melampaui hilangnya 12 juta pekerjaan di industri bahan bakar fosil.

Secara keseluruhan, lebih banyak negara akan merasakan manfaat yang lebih besar di jalur transisi energi daripada di bawah bisnis seperti biasa, menurut laporan tersebut.

Energi terbarukan harus ditingkatkan secara besar-besaran di semua sektor dari 14% total energi saat ini menjadi sekitar 40% pada tahun 2030. Dengan demikian, penambahan energi terbarukan tahunan secara global akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2030 seperti yang direkomendasikan oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC). Pada saat yang sama, tenaga batu bara harus secara tegas diganti, aset bahan bakar fosil dihapuskan dan infrastruktur ditingkatkan.

Laporan tersebut juga melihat elektrifikasi dan efisiensi sebagai pendorong utama transisi energi, yang dimungkinkan oleh energi terbarukan, hidrogen, dan biomassa berkelanjutan. Dekarbonisasi penggunaan akhir akan menjadi pusat perhatian dengan banyak solusi yang tersedia melalui elektrifikasi, hidrogen hijau, dan penggunaan langsung energi terbarukan. Terutama elektromobilitas dipandang sebagai pendorong kemajuan transisi energi, menumbuhkan penjualan kendaraan listrik (EV) ke armada EV global dua puluh kali lebih besar dari hari ini.

Namun, serangkaian kebijakan struktural lintas sektoral yang komprehensif yang mencakup semua jalur teknologi dan tujuan transisi yang adil diperlukan untuk mencapai tingkat penyebaran yang diperlukan pada tahun 2030.