Tumbal Manusia Bangsa Maya dan Serat Biru Misterius di Giginya

By Ricky Jenihansen, Kamis, 13 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Serat biru, kemungkinan terbuat dari kapas, dari Gua Teror Tengah Malam di Belize. (Linda Scott Cummings/PaleoResearch Institute)

Nationalgeographic.co.id—Proyek penggalian tiga tahun di Gua Midnight Terror (teror tengah malam) di Belize menemukan lebih dari 10.000 tulang tumbal manusia Bangsa Maya. Profesor dan mahasiswa California State University, Los Angeles yang melakukan penggalian menyimpulkan tulang-tulang tersebut setidaknya mewakili setidaknya 118 individu.

Tumbal-tumbal manusia tersebut dikorbankan untuk dewa hujan Bangsa Maya lebih dari satu milenium yang lalu. Lebih dari 15 tahun setelah penemuannya, Gua Midnight Terror di Belize masih meninggalkan petunjuk tentang lebih dari 100 orang yang dikorbankan.

Digunakan untuk pemakaman selama periode Klasik Maya (250 hingga 925 M), gua ini dinamai oleh penduduk setempat yang dipanggil untuk menyelamatkan seorang penjarah yang terluka pada tahun 2006.

Banyak di antaranya memiliki bukti trauma yang ditimbulkan pada mereka sekitar waktu kematian. Untuk mengetahuli lebih dalam ke saat-saat terakhir para korban, penelitian terbaru tidak melihat tulang tetapi pada mulut mereka.

Mereka menyelidiki plak kalsifikasi dari gigi mereka, yang dikenal sebagai kalkulus gigi. Hasil analisis tersebut diterbitkan di International Journal of Osteoarkeologi, mendeskripsikan serat biru aneh yang menempel pada gigi setidaknya pada dua korban.

Penulis utama studi Amy Chan, arkeolog yang bekerja di manajemen sumber daya budaya, memulai analisisnya tentang gigi Gua Teror Tengah Malam sebagai mahasiswa pascasarjana di California State University, Los Angeles, di mana dia tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan gigi para korban.

"Setelah menemukan kasus patologi gigi yang minimal, saya tertarik untuk menentukan bahan makanan apa yang dikonsumsi para korban," katanya kepada Live Science.

Kalkulus gigi dapat mengawetkan potongan mikroskopis makanan yang dimakan seseorang, seperti serbuk sari, pati, dan fitolit, yang merupakan bagian tanaman yang termineralisasi.

Pintu masuk ke Gua Teror Tengah Malam di Belize. (California State University)

Chan mengikis kotoran dari enam gigi dan mengirimkannya ke rekan penulis studi Linda Scott Cummings, presiden dan CEO Institut Paleo Research di Golden, Colorado. Scott Cummings menemukan bahwa sampel tersebut terutama mengandung serat kapas dan beberapa di antaranya diwarnai dengan warna biru cerah.

"Penemuan serat kapas biru di kedua sampel itu mengejutkan," kata Chan, karena "biru penting dalam ritual Maya."

Pigmen unik "Biru Maya" telah ditemukan di situs lain di Mesoamerika, di mana tampaknya telah digunakan dalam upacara - terutama untuk melukis tubuh korban, tulis Chan dan rekan dalam makalah penelitian mereka.