Bagaimana Mengklasifikasikan Seluruh Ekosistem di Planet Bumi?

By Wawan Setiawan, Jumat, 14 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Bioma hutan dan hutan beriklim sedang-boreal di planet Bumi ini termasuk sistem yang didominasi pohon sedang hingga sangat produktif. (David Keith)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim ilmuwan lintas disiplin global yang dipimpin oleh peneliti UNSW Sydney telah mengembangkan klasifikasi komprehensif pertama dari seluruh ekosistem di planet ini. Baik itu mencakup seluruh daratan, sungai maupun lahan basah, dan laut. Tipologi ekosistem ini akan memungkinkan konservasi keanekaragaman hayati yang lebih terkoordinasi dan efektif, yang penting bagi kesejahteraan manusia.

Kolaborasi ekstensif ini mencakup Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), yang terdiri dari sekitar 1400 anggota organisasi, termasuk negara; Komisi IUCN tentang Pengelolaan Ekosistem; Aliansi PLuS - Arizona State University, King's College London dan UNSW Sydney; dan lebih dari 100 ilmuwan ekosistem spesialis di seluruh dunia.

Tim peneliti dipimpin oleh Profesor David Keith dengan Profesor Richard Kingsford dari Pusat Ilmu Ekosistem UNSW, dan Profesor Emily Nicholson dari Universitas Deakin. Hasil studi mereka dipublikasikan di jurnal Nature pada 12 Oktober dengan judul A function-based typology for Earth’s ecosystems.

Studi tersebut mengeksplorasi ilmu yang mendasari tipologi, serta bagaimana hal itu dapat membantu mencapai tujuan dalam kebijakan global yang mengalir ke masing-masing negara. Dengan dukungan UNSW, IUCN meluncurkan tipologi versi publik pertama pada tahun 2020 dan, sejak itu, para peneliti telah menyempurnakan dan memperbaruinya.

Bioma rak laut di planet Bumi didistribusikan secara global antara bioma garis pantai dan dasar laut dalam. (Giordano Cipriani/Getty Images)

"Untuk pertama kalinya, kami memiliki platform bersama yang mengidentifikasi, mendefinisikan, dan menggambarkan rangkaian lengkap ekosistem seluruh planet," kata Profesor Keith. "Mungkin agak aneh bahwa kita belum pernah mengalami ini sebelumnya. Tetapi secara historis para ilmuwan telah menempa kemajuan dengan bekerja agak terpisah di ekosistem laut, air tawar, dan darat. Ini adalah pertama kalinya semua pengetahuan terperinci ini disatukan menjadi satu kerangka tunggal mengambil keuntungan dari teori umum di seluruh disiplin ilmu."

Tipologi memungkinkan kita untuk memahami pola global yang luas, termasuk transformasi ekosistem oleh manusia. Sepuluh persen ekosistem dibuat dan dipelihara secara artifisial oleh manusia tetapi menempati lebih dari 30 persen permukaan tanah bumi. Sementara yang tersisa adalah rumah bagi 94 persen spesies terancam dalam Daftar Merah IUCN.

"Sangat sulit untuk melihat gambaran besar pada teka-teki gambar sampai Anda memiliki semua bagian di tempatnya - dan itulah yang kami miliki sekarang. Kami memiliki landasan yang jauh lebih substansial untuk bergerak maju dengan era baru konservasi ekosistem dan kebijakan pengelolaan.” Kata Profesor Kingsford.

Bioma Danau di planet Bumi termasuk ekosistem lentik (organisme atau habitat yang menghuni atau terletak di air tawar yang tenang) yang ditentukan oleh perairannya yang tenang. (Sylvain Didier/Alamy)

Pada tingkat yang lebih umum, ikhtisar memungkinkan pembuat kebijakan dan industri untuk merencanakan inisiatif mereka dalam konteks penuh. Untuk pemerintah dan organisasi non-pemerintah (LSM) yang bekerja di berbagai negara, tinjauan umum dapat menginformasikan keputusan tentang bagaimana upaya perlindungan dan restorasi ekosistem dapat mencapai manfaat konservasi maksimum. Di mana infrastruktur pembangunan ditempatkan paling baik untuk meminimalkan dampak.

"Upaya konservasi keanekaragaman hayati sebagian besar berpusat pada tingkat spesies, karena terlihat lebih nyata," kata Profesor Keith. "Tetapi fokus yang lebih luas pada ekosistem dan spesies lebih mungkin berhasil dalam melestarikan semua tumbuhan dan hewan, serta layanan penting yang diberikan alam kepada manusia."