Dunia Hewan: Mempelajari Hewan Pertama di Bumi dari Kehidupan di Kutub

By Wawan Setiawan, Jumat, 14 Oktober 2022 | 17:00 WIB
Pandangan dari dekat fosil dunia hewan dari Mistaken Point Ecological Reserve, Newfoundland, Kanada, berusia sekitar 564 juta tahun. Karena fitur halus dari fosil, mereka hanya terlihat jelas untuk sudut tertentu dari sinar matahari, seperti yang ditunjukkan di sini. (Dr E. G. Mitchell)

Nationalgeographic.co.id—Ilmuwan mempelajari strategi bertahan hidup dunia hewan yang menakjubkan dari makhluk laut kutub. Cara ini mungkin membantu menjelaskan bagaimana hewan pertama di planet Bumi bisa berevolusi lebih awal dari yang disarankan fosil tertua. Pernyataan ini dijelaskan menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh mereka.

Hewan-hewan yang pertama, sederhana dan sekarang sudah punah ini mungkin telah hidup melalui beberapa periode paling ekstrem, dingin, dan sedingin es yang pernah ada di dunia. Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal Global Change Biology pada 11 Oktober dengan judul Animal survival strategies in Neoproterozoic ice worlds.

Catatan fosil menempatkan kehidupan hewan paling awal di Bumi pada 572-602 juta tahun yang lalu. Ini sama seperti dunia keluar dari zaman es yang besar. Sementara studi molekuler menunjukkan asal-usul yang lebih awal, hingga 850 juta tahun yang lalu. Jika benar, ini berarti bahwa hewan pasti telah bertahan selama waktu yang dipengaruhi oleh beberapa zaman es global. Yaitu ketika seluruh atau sebagian besar planet ini terbungkus dalam es (Bumi bola salju), jauh lebih besar daripada yang terlihat sejak saat itu.

Jika kehidupan hewan memang muncul sebelum, atau selama, periode glasial ekstrem ini, ia akan menghadapi kondisi seperti habitat laut modern yang ditemukan di Antarktika dan Kutub Utara saat ini. Tentu saja sudah dipastikan mereka akan memerlukan strategi bertahan hidup yang serupa.

Rekonstruksi kemungkinan kehidupan awal di bawah lapisan es (kiri) dan di bawah es laut (kanan). Gambar sisipan mewakili hewan modern yang hidup dalam kondisi serupa: (a) Anemon laut Edwardsiella andrillae di bagian bawah es Laut Ross, (b) untaian alga Melosira arctica di bawah es Laut Arktik, (c) spons bertangkai dan a ikan yang mewakili kehidupan dunia hewan yang diamati di bawah lapisan es Antartika, dan (d) spons, anemon, dan crinoid yang mewakili komunitas dasar laut sub-es Antartika yang khas. (Franz Anthony)

Selama jutaan tahun, ekspansi dan kontraksi lapisan es selama periode dingin dan hangat telah mendorong evolusi ribuan spesies hewan dan tumbuhan unik Antarktika. Hal yang sama bisa berlaku untuk evolusi kehidupan hewan di Bumi. Sementara bagi manusia daerah kutub tampak seperti lingkungan yang paling tidak bersahabat bagi kehidupan, mereka adalah tempat yang sempurna untuk mempelajari masa lalu. Juga merupakan potensi kehidupan di alam semesta di luar planet kita, seperti di bulan-bulan es seperti Europa.

"Karya ini menyoroti bagaimana beberapa hewan di daerah kutub sangat beradaptasi dengan kehidupan di dalam dan di sekitar es. Seberapa banyak mereka dapat mengajari kita tentang evolusi dan kelangsungan hidup kehidupan di masa lalu atau bahkan di planet lain.” Kata Dr Huw Griffiths, seorang ahli biologi kelautan dan penulis utama, dari British Antarctic Survey (BAS).

Ia juga menambahkan, “Apakah itu hewan yang hidup terbalik di bawah es alih-alih di dasar laut, spons yang hidup ratusan kilometer di bawah lapisan es terapung yang tebal, organisme yang beradaptasi untuk hidup di air laut yang lebih dingin dari -2°C, atau seluruh komunitas yang ada di kegelapan pada sumber makanan yang tidak membutuhkan sinar matahari, kehidupan Antarktika dan Arktika tumbuh subur dalam kondisi yang akan membunuh manusia dan sebagian besar hewan lainnya. Tetapi kondisi dingin dan es ini membantu mendorong sirkulasi laut, membawa oksigen ke kedalaman laut, dan membuat tempat-tempat ini lebih cocok untuk hidup."

  

Baca Juga: 'Virus Raksasa' di Danau Epishelf Arktika Ini Terancam Perubahan Iklim

Baca Juga: Evolusi Beruang Kutub Membantu Melacak Perubahan Iklim Masa Lalu

Baca Juga: Fosil Tanaman Berusia 55 Juta Tahun Ungkap Wilayah Kutub Dulu Hijau