Ilmuwan Temukan Gen 'Umur Panjang' yang Sudah Teruji pada Tikus

By Wawan Setiawan, Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:30 WIB
Studi tersebut, sementara pada tikus, memiliki konsekuensi untuk penyelidikan umur panjang manusia dan penuaan yang sehat. (UT Health San Antonio)

Nationalgeographic.co.id - Apa rahasia umur panjang? Orang yang berolahraga rata-rata hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Aktivitas fisik yang teratur menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung, strok, diabetes, beberapa jenis kanker, dan depresi. Bahkan dapat membantu Anda tetap tajam secara mental hingga usia tua.

Namun tidak hanya itu, para peneliti dari Program Pengujian Intervensi yang didanai oleh National Institute on Aging (NIA) baru-baru ini melaporkan penemuan mengejutkan. Mereka menemukan beberapa gen kandidat yang turut memengaruhi umur panjang.

Tiga situs Program Pengujian Intervensi—Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio, Universitas Michigan di Ann Arbor dan Laboratorium Jackson di Bar Harbor, Maine—berkolaborasi dalam penelitian dengan laboratorium Robert W. Williams, dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Tennessee di Memphis dan Johan Auwerx, dari cole Polytechnique Fédérale de Lausanne di Lausanne, Swiss.

"Beberapa kandidat gen memengaruhi rentang hidup betina sementara yang lain memengaruhi rentang hidup jantan," kata Randy Strong, dari Sam and Ann Barshop Institute for Longevity and Aging Studies di UT Health San Antonio. "Satu kelompok gen meningkatkan umur panjang kedua jenis kelamin. Jarang untuk jenis penelitian ini, temuan dibuat pada populasi tikus dengan keragaman genetik yang sebanding dengan populasi manusia."

Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Science 30 September dengan judul makalah “Sex—and age—dependent genetics of longevity in a heterogeneous mouse population."

"Studi ini memodelkan apa yang terjadi pada manusia," kata rekan penulis penelitian James Nelson, dari Barshop Institute. "Tidak seperti tikus dalam banyak penelitian lain, tikus dalam penelitian yang baru dilaporkan ini tidak semuanya sama. Masing-masing memiliki varian genetik yang berbeda, menghasilkan protein yang sedikit berbeda yang melakukan hal-hal yang sedikit berbeda, yang bersama-sama dapat berdampak pada penuaan."

Itu tidak membuktikan bahwa gen yang sama pada manusia akan memengaruhi rentang hidup manusia. Seridaknya, kita dituntut untuk terus mempelajari dasar genetik umur panjang, kata peneliti. (Mirage News)

Bahkan perbedaan halus dapat menyebabkan hasil kesehatan yang berbeda seiring bertambahnya usia. Variasi kecil pada gen hemoglobin, misalnya, dapat menyebabkan protein hemoglobin dalam sel darah merah menjadi kurang efektif dalam mengikat oksigen dan mentransfernya dari paru-paru ke jaringan tubuh, catat Nelson. Lalu, anemia adalah salah satu efeknya, katanya.

 Baca Juga: Vegetarian vs Pemakan Daging, Mana yang Lebih Berumur Panjang?

 Baca Juga: Studi Terbesar Tentang Umur Panjang, Rahasia Penuaan Terungkap

 Baca Juga: Apa yang Membuat Penduduk Desa Ogimi di Okinawa Berumur Panjang?

Penemuan lokus genetik yang memengaruhi umur panjang hanya pada betina sangat menarik dan penting, kata Strong. Lokus genetik adalah kelompok antara 10 dan 100 gen.