Tidak Sama, Beberapa Orang Ternyata Tidak Mudah Kecanduan Rokok

By Ricky Jenihansen, Senin, 17 Oktober 2022 | 21:00 WIB
Ibu yang menggendong anaknya memarahi ayah yang memegang rokok yang berbau asap. (Jikaboom)

Nationalgeographic.co.id—Tembakau memang sangat adiktif, membuat kecanduan dan ketagihan. Tapi ternyata, di balik itu semua, tingkat kecanduan dan ketagihan tiap orang ternyata tidak sama. Beberapa orang ternyata lebih rentan, sementara yang lainnya tidak mudah kecanduan rokok.

Beberapa pertanyaan terkait tembakau memang telah menarik perhatian ilmuwan. Seperti, apakah beberapa orang lebih rentan terhadap kecanduan daripada yang lain? Apakah setiap orang menghadapi kesulitan yang sama dalam hal berhenti merokok, atau apakah beberapa orang merasa relatif mudah untuk berhenti merokok?

"Saya tidak percaya orang kebal terhadap kecanduan," kata Ledgerwood, psikolog klinis di Substance Abuse Research Division di Wayne State University di Detroit, Michigan, mengatakan kepada Live Science

"Beberapa orang mungkin lebih rentan untuk mengembangkan kecanduan daripada yang lain."

Menurutnya, terkena zat adiktif pada usia dini dapat menjadikan seseorang pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan kecanduan dibandingkan tidak terpapar pada usia dini.

Tes Fagerström untuk Ketergantungan Nikotin, dikembangkan pada tahun 1978 oleh psikolog Swedia Karl-Olov Fagerström, adalah kuesioner yang digunakan untuk menentukan tingkat ketergantungan nikotin seseorang terkait dengan merokok.

Tes telah melalui beberapa iterasi sejak diperkenalkan, tetapi tetap digunakan sampai hari ini, dan masih merupakan salah satu cara utama untuk menilai kecanduan.

Merokok tembakau dapat membuat ketagihan. (Pixabay)

Pertanyaan dalam tes termasuk menanyakan kapan seseorang merokok untuk pertama kalinya pada hari itu, berapa banyak rokok yang mereka hisap setiap hari, dan apakah mereka akan merokok bahkan jika mereka sangat sakit sehingga harus berbaring di tempat tidur mereka.

Ketika seseorang mendapat nilai sangat tinggi pada tes ini, Ledgerwood menjelaskan, hal itu mungkin karena lebih dari sekadar tubuh yang menginginkan nikotin yang sering.

"Bagi banyak orang yang merokok, ada faktor kuat yang berkontribusi terhadap kebiasaan merokok mereka," kata Ledgerwood.

Ia mengatakan, seseorang akan sangat mudah kecanduan rokok jika mereka tumbuh di rumah yang orangnya merokok dan itu menjadi teladan bagi mereka.