Gletser yang Bergerak Cepat Berkontribusi pada Kenaikan Permukaan Laut

By Wawan Setiawan, Selasa, 18 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Model kenaikan permukaan laut berdasarkan pemahaman kita tentang bagaimana lapisan es Bumi merespons atmosfer yang memanas bisa jadi tidak benar, sebuah studi baru menemukan. (University of Oxford)

Nationalgeographic.co.id—Perubahan iklim mengakibatkan kenaikan permukaan laut karena es di daratan mencair dan lautan meluas. Berapa banyak dan seberapa cepat permukaan laut akan naik dalam waktu dekat akan bergantung pada beberapa hal. Sebagian, pada frekuensi peristiwa pelepasan gletser. Ini terjadi ketika bongkahan besar es terlepas dari gletser yang berakhir di lautan (dikenal sebagai gletser air pasang). Lalu jatuh ke fjord pantai sebagai gunung es.

Semakin cepat gletser ini mengalir di atas tanah menuju lautan, semakin banyak es yang memasuki lautan. Hal inilah yang menyebabkan meningkatnya laju kenaikan permukaan laut.

Selama bulan-bulan musim panas yang lebih hangat, permukaan gletser Greenland dapat mencair dan membentuk danau besar yang kemudian mengalir ke dasar gletser. Studi di lapisan es pedalaman Greenland telah menunjukkan bahwa ini mengurangi gesekan antara es dan tanah. Menyebabkan es meluncur lebih cepat selama beberapa hari. Sampai sekarang, bagaimanapun, belum jelas apakah peristiwa drainase tersebut memengaruhi kecepatan aliran gletser air pasang, dan karenanya tingkat peristiwa melahirkan.

Untuk menyelidiki hal ini, tim peneliti dari departemen Ilmu Bumi Universitas Oxford, Institut Matematika Universitas Oxford, dan Universitas Columbia menggunakan pengamatan Global Positioning System (GPS) dari kecepatan aliran Gletser Helheim. Penyumbang gletser tunggal terbesar terhadap kenaikan permukaan laut di Tanah Hijau. GPS menangkap eksperimen alam yang hampir sempurna: pengamatan resolusi-temporal tinggi dari respons aliran gletser terhadap drainase danau.

Hasilnya menemukan bahwa Gletser Helheim berperilaku sangat berbeda dengan lapisan es pedalaman, yang menunjukkan gerakan menuruni bukit yang cepat selama peristiwa drainase danau. Sebaliknya, Gletser Helheim menunjukkan 'denyut' pergerakan yang relatif kecil di mana gletser dipercepat untuk waktu yang singkat. Kemudian bergerak lebih lambat, sehingga tidak ada peningkatan pergerakan bersih.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Nature Communications pada 14 Oktober dengan judul Tidewater-glacier response to supraglacial lake drainage.

Associate Professor Laura Stevens (kanan) dan rekan penulis Profesor Meredith Nettles (kiri, Universitas Columbia) mendekati danau supraglasial Greenland melalui helikopter. (Marianne Okal (UNAVCO, Inc.))

Para peneliti menggunakan model numerik dari sistem drainase subglasial. Mereka menemukan bahwa pengamatan ini kemungkinan disebabkan oleh gletser Helheim yang memiliki sistem saluran dan rongga yang efisien di sepanjang lapisannya. Hal ini memungkinkan air yang mengalir dengan cepat dievakuasi dari dasar gletser tanpa menyebabkan peningkatan total pergerakan bersih.

Meskipun ini muncul berita positif dalam hal implikasi kenaikan permukaan laut, para peneliti menduga bahwa efek yang berbeda dapat terjadi untuk gletser tanpa sistem drainase yang efisien. Di mana pencairan permukaan saat ini rendah tetapi akan meningkat di masa depan karena perubahan iklim (seperti di Antarktika).

Mereka menjalankan model matematika berdasarkan kondisi gletser air pasang Antarktika yang lebih dingin. Hasilnya menunjukkan bahwa drainase danau dalam kondisi ini akan menghasilkan peningkatan bersih pergerakan gletser. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh sistem drainase subglasial musim dingin yang kurang efisien karena tidak mampu mengevakuasi air banjir dengan cepat.

Sampai sekarang, bagaimanapun, tidak ada pengamatan in situ dari respon gletser air pasang Antarktika terhadap drainase danau. Studi ini mempertanyakan beberapa pendekatan umum untuk menyimpulkan sistem drainase glasial berdasarkan kecepatan gletser yang direkam menggunakan pengamatan satelit. Yang saat ini digunakan dalam model kenaikan permukaan laut.