Peran Anjing Bagi Kehidupan Yunani, Memburu Babi Hutan Hingga Perang

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 17 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Penggambaran kuno di kawah perburuan babi hutan menggunakan anjing di British Museum (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Anjing hidup berdampingan dengan manusia dapat ditelusuri kembali ribuan tahun - termasuk zaman Yunani kuno. Jadi apa yang kita ketahui tentang anjing di Yunani kuno? Bagaimana orang Yunani kuno memandang anjing? Dan bagaimana mereka menggunakannya?

Ternyata, anjing berpartisipasi dalam masyarakat Yunani kuno dalam banyak hal: sebagai hewan peliharaan, sebagai anjing pemburu dan bahkan sebagai sahabat selama masa konflik. Faktanya, orang Yunani kuno suka memberi nama anjing mereka. Namun orang Yunani tidak memberi anjing mereka nama manusia.

Jenis anjing

Dikutip History Hit, berbagai jenis anjing disebutkan dalam sumber yang masih hidup. Ini termasuk anjing Laconian, India, Kreta, Locrian, dan Molossian. Semua nama ini merujuk pada wilayah geografis kuno. Laconia misalnya adalah wilayah Peloponnese selatan; kotanya yang paling terkenal adalah Sparta.

Tetapi apakah nama-nama geografis ini juga merupakan nama untuk ras anjing tertentu? Bukti menunjukkan tidak. Filsuf Yunani Aristoteles, pernah menggambarkan seekor anjing tertentu untuk berburu dan seekor lagi untuk menjaga domba. Keduanya, bagaimanapun, dicap sebagai anjing Molossian meskipun menggambarkan dua anjing yang sangat berbeda.

Oleh karena itu, istilah 'Molossian' tidak berarti sama dengan breed saat ini (misalnya Golden Retriever). Seekor anjing Molossian bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dapat melayani tujuan yang berbeda, agak membingungkan.

Anjing gembala

Salah satu jenis anjing paling populer di dunia Yunani kuno adalah anjing kecil yang disebut Miletian. Juga dikenal sebagai anjing Malta, umumnya berukuran kecil dan sangat lincah, dengan ekor keriting dan telinga yang tajam. Contohnya ketika Epaminondas, jenderal Theban abad ke-4 SM yang terkenal disambut oleh anjing Miletiannya ketika dia kembali dari Sparta.

Contoh terkenal lainnya adalah batu nisan Yunani kuno, yang didedikasikan untuk anjing Miletian. Di batu nisan, pemiliknya menulis: "Dia dikenal sebagai Banteng." Ucapan perpisahan ini ditinggalkan pemiliknya untuk hewan peliharaan kecil kesayangannya.

Anjing pemburu

Lukisan dinding fresco Mycenaean dari Mycanaean dengan kuda dan anjing pemburu babi hutan dari Tiryns, Yunani. (Funkyfood London - Paul William)

Jenis anjing yang paling terkenal dari Yunani kuno adalah anjing pemburu. Berburu sebagian besar merupakan pengejaran bagi kaum elit. Anjing pemburu, akibatnya, dimiliki oleh anggota masyarakat Yunani kuno yang lebih kaya.