Candaan Nyeleneh ala Jenderal dan Kaisar di Zaman Romawi Kuno

By Sysilia Tanhati, Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Orang Romawi kuno terkenal dengan cara kreatifnya bersenang-senang. Misalnya candaan nyeleneh ala jenderal dan kaisar di masa itu. (Naples National Archaeological Museum)

Nationalgeographic.co.id - Orang Romawi kuno terkenal dengan cara kreatifnya bersenang-senang. Ini bisa dilihat dari bagaimana mereka bercanda dan saling mengolok satu sama lain. Candaan nyeleneh ala jenderal dan kaisar Romawi itu mulai dari menakut-nakuti orang dengan singa hingga menempelkan ikan asin di kail. Lelucon ini tak lekang oleh waktu, sama seperti Kota Abadi itu sendiri.

Elagabalus dan lelucon hewan liarnya

Sering dianggap sebagai salah satu kaisar Romawi yang paling tidak bermoral, Elagabalus makan menggunakan piring perak dan meletakkan kain emas di sofanya. Karena kecintaannya pada kemewahan, ia dicap sebagai penemu “bantal hura-hura”.

Seperti yang ditulis dalam Historia Augusta, "Memang, baginya hidup tidak lain adalah pencarian kesenangan."

Historia Augusta juga menceritakan hubungan Elagabus dan hewan liarnya. Sang kaisar memiliki singa peliharaan dan macan tutul. Hewan itu telah tidak berbahaya dan dilatih oleh para penjinak.

Untuk membuat tamunya ketakutan dan terkejut selama jamuan makan malam, kaisar tiba-tiba memerintahkan kucing-kucing besarnya untuk bangun di sofa. Tentu saja ini menyebabkan kepanikan yang lucu (bagi kaisar) karena tidak ada yang tahu bahwa binatang itu tidak berbahaya berkat latihan khusus.

Elagabalus bahkan mengirim singa dan macan tutul ke kamar tamunya setelah mabuk akibat terlalu banyak anggur. “Teman-temannya ketakutan; beberapa bahkan mati karena ketakutan,” tulis Carly Silver di laman Thoughtco.

Tampilan modern Elagabalus dan lukisan The Roses of Heliogabalus oleh Alma-Tadema di latar belakang. (Wikimedia Commons)

Selain singa, Elagabalus juga mencintai makhluk liar lainnya. Ia mengendarai kereta yang dikendarai oleh gajah, anjing, rusa jantan, singa, harimau, dan unta di sekitar Roma. Suatu kali, sang kaisar mengumpulkan ular dan tiba-tiba melepaskannya sebelum fajar di kota dekat Circus. Lelucon anehnya itu menyebabkan hiruk-pikuk. "Banyak orang terluka oleh taring mereka, serta panik secara umum" menurut Historia Augusta.

Kaisar Claudius yang diejek dengan kejam

Meski menjadi salah satu kaisar hebat di masanya, Claudius sering dianggap sebagai orang bodoh. Ini adalah gambar yang disebarkan dari sumber-sumber kuno dan tampaknya kerabat Julio-Claudian-nya sendiri menyiksanya selama hidupnya.

Dalam Life of Claudius, Suetonius mengenang bagaimana Kaisar Tiberius (pamannya) dan Caligula (keponakannya) membuat hidup Claudius seperti neraka. Jika Claudius datang terlambat untuk makan malam, semua orang menyuruhnya berjalan di sekitar ruang perjamuan alih-alih langsung duduk.