Paleontolog Mengonfirmasi Perilaku Karnivora Neanderthal di Iberia

By Ricky Jenihansen, Minggu, 23 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Para ahli mengonfirmasi perilaku karnivora Neanderthal. (Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id — Para ahli paleontologi telah mengonfirmasi perilaku karnivora atau pemakan daging Neanderthal di Iberia. Mereka menganalisis rasio seng, strontium, karbon, dan oksigen serta elemen jejak dalam fosil gigi Neanderthal serta gigi hewan yang ditemukan di Cueva de los Moros 1, Gabasa, Spanyol.

Studi ini telah mereka terbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences yang merupakan jurnal akses terbuka. Makalah mereka bisa didapatkan secara daring dengan judul "A Neandertal dietary conundrum: Insights provided by tooth enamel Zn isotopes from Gabasa, Spain."

Seperti diketahui, Neanderthal adalah primata yang menduduki Eurasia barat dari sekitar 430.000 tahun yang lalu hingga kepunahan mereka sekitar 40.000 tahun yang lalu.

Dijelaskan, situs gua Cueva de los Moros 1 digali pada 1980-an dan didokumentasikan dengan sangat baik. Semua sisa-sisa fosil berasal dari satu lapisan stratigrafi tepat di atas lapisan yang berasal dari 143.000 tahun yang lalu.

Hewan pemakan tumbuhan yang hidup berdampingan dari tiga jenis konteks lingkungan yang berbeda terwakili dalam lapisan pegunungan, (Iberia ibex dan chamois), hutan (mamalia ruminansia berkuku termasuk rusa merah), dan lingkungan terbuka (kuda dan keledai liar Eropa).

Banyak sisa-sisa karnivora ditemukan bersama dengan sisa-sisa Neanderthal, memungkinkan perbandingan spesies pemakan daging yang berbeda.

Menganalisis rasio seng, strontium, karbon, dan oksigen serta elemen jejak dalam fosil gigi. (Jaouen et al.)

Dalam laporannya, peneliti menjelaskan, karakterisasi makanan Neandertal sebagian besar mengandalkan analisis isotop nitrogen dari kolagen tulang dan gigi.

Namun, beberapa data isotop nitrogen telah ditemukan dari tulang atau gigi dari Iberia karena pelestarian kolagen yang buruk di situs Paleolitik di wilayah tersebut.

Isotop seng telah terbukti menjadi metode yang dapat diandalkan untuk merekonstruksi tingkat trofik tanpa adanya pengawetan bahan organik.

"Untuk menentukan posisi individu dalam rantai makanan, para ilmuwan sampai sekarang umumnya harus mengekstrak protein dan menganalisis isotop nitrogen yang ada dalam kolagen tulang," kata Klervia Jaouen.

 Baca Juga: Studi Tengkorak Kuno Singkap Kawin Silang Manusia dengan Neanderthal