Mengenal Sprintia, 'Menu Gaya Seks' Romawi Kuno di Rumah Pelacuran

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:35 WIB
Koin sex Romawi kuno. (Onewsonline)

Nationalgeographic.co.id - Ada keingintahuan yang dimiliki oleh sejarah Romawi kuno yang belum dipecahkan oleh para sejarawan, yaitu koleksi koin kuningan Romawi yang menggambarkan tindakan seksual yang disebut Sprintia.

Koin bukan bagian dari ekonomi uang normal. Akan tetapi koin digunakan hanya untuk waktu yang singkat di abad pertama. Apa yang disebut koin seks Romawi ini mungkin telah digunakan untuk masuk ke rumah bordil, membayar pelacur, atau bahkan berfungsi seperti menu modern, di mana pelanggan yang tidak berbicara bahasa Latin dapat menyerahkan koin yang menggambarkan tindakan yang mereka inginkan.

Namun kenyataannya, tidak ada yang benar-benar tahu. Seperti diketahui, rumah bordil merupakan makanan sehari-hari di kota-kota seperti Pompeii dan Herculaneum. Inilah yang membuat koin Sprintia tumbuh untuk mendorong bentuk mata uang mereka sendiri.

Koin Seks Kuno 

Koin bordil Romawi agak jelas bagi penangan uang sehari-hari. Koin tersebut memiliki berbagai tindakan seksual yang digambarkan di bagian depan dan belakang uang logam, biasanya para peserta pada uang logam itu dalam tindakan persetubuhan.

Beberapa menggambarkan lingga sebagai gantinya, berbentuk penuh dan sering dengan sayap terpasang, kemungkinan menunjukkan kejantanan pria yang menggunakan koin. Sementara pelacur laki-laki dan peserta perempuan tidak jarang, itu jauh lebih umum—sejauh literatur dapat memberitahu bahwa laki-laki kaya mencari perusahaan dari meretrix, atau pelacur perempuan yang sah.

Perlu dicatat bahwa koin tersebut lebih banyak menggambarkan hubungan laki-laki-perempuan daripada hubungan jenis kelamin yang sama, kemungkinan menunjukkan bahwa homoseksualitas (setidaknya homoseksualitas lahiriah) telah menjadi jauh lebih tidak dapat diterima pada zaman Romawi dibandingkan dengan pendahulu mereka di zaman kuno, Yunani.

Menu Seks Orang Romawi

Salah satu teori paling menonjol tentang penciptaan dan tujuan koin adalah untuk mengiklankan harga tindakan seksual. Selanjutnya, dengan memberikan koin antara dua orang yaitu, pembeli dan penjual seseorang dapat menjaga tingkat privasi. Ini akan menjadi sangat penting bagi mereka yang berstatus tinggi, yang tidak ingin kencan larut malam mereka diketahui. Diyakini oleh beberapa ahli bahwa tindakan seks yang digambarkan pada setiap koin sesuai dengan harga tercantum di sisi yang berlawanan. Penemuan ini dianggap berguna karena merupakan sistem yang juga akan membantu menghilangkan hambatan bahasa.

 Baca Juga: Profesi Tertua di Dunia, Pelacuran Mendorong Perekonomian Romawi

 Baca Juga: Lupanare: Rahasia Prostitusi dan Rumah Bordil di Pompeii Kuno

 Baca Juga: Ahli Arkeologi Menyingkap Lupanar, Rumah Bordil Berumur 2.500 Tahun