Planet yang Mengorbit Bintang Katai M Tak Dapat Dihuni, Ini Alasannya

By Wawan Setiawan, Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi bintang katai merah yang diorbit oleh planet ekstrasurya hipotetis. Katai merah meletus dengan suar intens yang dapat melucuti atmosfer planet terdekat dari waktu ke waktu, atau membuat permukaannya tidak ramah bagi kehidupan seperti yang kita kenal. (NASA/ESA/STScI/G. Bacon)

Nationalgeographic.co.id - Planet mirip Bumi yang mengorbit katai M—jenis bintang paling umum di alam semesta—tampaknya tidak memiliki atmosfer sama sekali, menurut studi terbaru ilmuwan Penemuan ini dapat menyebabkan perubahan besar dalam pencarian kehidupan di planet lain.

Karena katai-M ada di mana-mana, penemuan ini berarti sejumlah besar planet yang mengorbit bintang-bintang ini mungkin juga kekurangan atmosfer. Oleh karena itu, tidak mungkin dapat menampung makhluk hidup. Hasil studi ini mengarah pada pengungkapan tentang planet tanpa atmosfer, yang bernama GJ 1252b. Temuan tersebut diterbitkan dalam makalah berjudul “GJ 1252b: A Hot Terrestrial Super-Earth with No Atmosphere,” dalam jurnal Astrophysical Journal Letters.

Planet ini mengorbit bintangnya dua kali selama satu hari di Bumi. Ini sedikit lebih besar dari Bumi, dan jauh lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke matahari, membuat GJ 1252b sangat panas serta tidak ramah.

"Tekanan dari radiasi bintang sangat besar, cukup untuk meledakkan atmosfer planet," kata Michelle Hill, astrofisikawan UC Riverside dan rekan penulis studi.

Bumi juga kehilangan sebagian atmosfernya dari waktu ke waktu karena matahari. Akan tetapi emisi vulkanik dan proses siklus karbon lainnya membuat kehilangan hampir tidak terlihat dengan membantu mengisi kembali apa yang hilang. Namun, dalam jarak yang lebih dekat dengan bintang, sebuah planet tidak dapat terus mengisi kembali jumlah yang hilang tersebut.

Di tata surya kita, ini adalah nasib Merkurius. Itu memang memiliki atmosfer, tetapi sangat tipis, terdiri dari atom-atom yang terlempar dari permukaannya oleh matahari. Panas yang ekstrem dari planet ini menyebabkan atom-atom ini lepas ke luar angkasa.

Ilustrasi tentang 55 Cancri e, sebuah planet berbatu yang mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya. (NASA)

Untuk menentukan bahwa GJ 1252b tidak memiliki atmosfer, para astronom mengukur radiasi inframerah dari planet ini karena cahayanya dikaburkan selama gerhana sekunder. Jenis gerhana ini terjadi ketika sebuah planet lewat di belakang bintang dan cahaya planet, serta cahaya yang dipantulkan dari bintangnya terhalang.

Radiasi itu mengungkapkan suhu siang hari yang terik di planet ini, diperkirakan mencapai 2.242 derajat Fahrenheit—sangat panas sehingga emas, perak, dan tembaga semuanya akan meleleh di planet ini. Panas, ditambah dengan asumsi tekanan permukaan rendah, membuat para peneliti percaya tidak ada atmosfer.

 Baca Juga: Mengungkap Suhu di Atmosfer Neptunus, Lebih Dingin Dari yang Kita Duga

 Baca Juga: Eksoplanet yang Punya Atmosfer Berlapis seperti Bumi Ditemukan

 Baca Juga: Tak Ada Atmosfer yang Mendekati Seperti Bumi, Kecuali Planet Kepler-442b