Peristiwa Cuaca Ekstrem Memicu Timbulnya Ancaman Penyakit Kulit

By Wawan Setiawan, Senin, 24 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Keratolisis parah pada telapak tangan. (Eva Rawlings Parker)

Nationalgeographic.co.id - Kulit adalah organ yang besar dan kompleks, dan berfungsi sebagai antarmuka utama tubuh dengan lingkungan. Kulit memainkan peran kunci dalam fungsi sensorik, termoregulasi, penghalang, dan imunologis. Ketika banjir, kebakaran hutan, dan peristiwa panas ekstrem meningkat dalam frekuensi dan tingkat keparahannya, mereka menimbulkan ancaman signifikan bagi kesehatan dermatologis global, karena banyak penyakit kulit sensitif terhadap iklim.

Para peneliti menggunakan tinjauan ekstensif dari penelitian yang diterbitkan untuk menyoroti manifestasi dermatologis utama yang diprakarsai atau diperburuk oleh peristiwa iklim ini. Mereka juga menyoroti dampak yang tidak proporsional pada populasi yang terpinggirkan dan rentan. Temuan mereka ini diterbitkan di The Journal of Climate Change and Health pada 16 Agustus. Makalah mereka diberi judul “The dermatological manifestations of extreme weather events: A comprehensive review of skin disease and vulnerability.”

"Kami ingin memberikan gambaran yang komprehensif tentang penyakit kulit terkait cuaca ekstrem kepada para dokter kulit dan praktisi lainnya sebagai dasar untuk pendidikan pasien, penerapan intervensi pengobatan dini, dan hasil penyakit yang lebih baik," jelas penulis utama Eva Rawlings Parker, dari Department of Dermatologi dan Pusat Etika serta Masyarakat Biomedis, Pusat Medis Universitas Vanderbilt, Nashville, TN, AS. "Kami terkejut dengan luasnya dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa cuaca ekstrem terhadap penyakit kulit dan betapa perubahan iklim memperburuk ketidaksetaraan."

Dalam ulasan mereka, Dr. Parker dan rekan-rekannya mengutip hampir 200 artikel yang mendokumentasikan berbagai dampak peristiwa cuaca ekstrem pada kulit. Marcalee Alexander, Pemimpin Redaksi The Journal of Climate Change and Health, mencatat, "Informasi ini sangat tepat waktu mengingat peristiwa traumatis seperti Badai Ian, yang telah menyebabkan peningkatan infeksi karena paparan banjir dan genangan air."

Banjir, salah satu bencana alam yang paling umum, terkait dengan luka traumatis dan infeksi bakteri juga jamur pada kulit. Dermatitis kontak adalah konsekuensi umum lain dari banjir karena air banjir sering terkontaminasi dengan pestisida, limbah, pupuk, dan bahan kimia. Paparan asap api dapat memicu dermatitis atopik (eksim) pada orang dewasa tanpa diagnosis sebelumnya, dan dapat memicu atau memperburuk jerawat.

Panas yang ekstrem adalah bahaya pekerjaan garis depan bagi pekerja kasar dan pekerja migran. Peristiwa cuaca ekstrem berkontribusi pada migrasi skala besar. (CC0 Public Domain)

Karena kulit memainkan peran penting dalam pengaturan suhu tubuh, efek gelombang panas yang berkepanjangan bisa menjadi parah. Ketidakmampuan untuk mendinginkan dengan benar selama peristiwa panas tinggi dapat menyebabkan strok bahang dan kematian. Banyak penyakit kulit inflamasi kronis juga diperburuk oleh panas.

Penyakit menular bisa musiman, dengan panas dan kelembaban meningkatkan risiko infeksi kulit umum yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan patogen virus. Kurang jelas, peristiwa panas yang ekstrem juga memengaruhi perilaku. Ketika suhu tinggi, orang mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, meningkatkan paparan polusi udara, radiasi UV, dan serangga.

 Baca Juga: Paparan Asap Rokok Orang Lain Bisa Menyebabkan Penyakit Kulit

 Baca Juga: Perubahan Iklim dan Panas Ekstrem Memicu Kenaikan Kasus Kejahatan

 Baca Juga: Lima Penyakit yang Semakin Berkembang Akibat Perubahan Iklim

Dr. Parker dan rekan-rekannya mengamati bahwa peristiwa cuaca ekstrem secara tidak proporsional memengaruhi populasi yang terpinggirkan dan rentan. Ini memperlebar kesenjangan kesehatan yang ada. Anak-anak, wanita hamil, orang tua, orang dengan penyakit kesehatan mental, ras/etnis minoritas, individu berpenghasilan rendah, dan migran sangat rentan terhadap dampak terkait iklim.

"Tahun ini telah ditandai dengan gelombang panas bersejarah dan mematikan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia; banjir dahsyat di Amerika Serikat, Pakistan, dan Australia; kekeringan dan kelaparan di Somalia dan Madagaskar; serta kebakaran hutan di AS Barat, Rusia, Argentina, juga di seluruh Eropa. Peristiwa cuaca ekstrem merusak planet ini, mengganggu infrastruktur penting, sangat berdampak pada kesehatan dan menonjolkan kesenjangan kesehatan," kata Dr. Parker. "Dokter, pembuat kebijakan, pendukung lingkungan, dan peneliti di seluruh dunia harus benar-benar menyadari gangguan saat ini dan di masa depan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dan peristiwa cuaca ekstrem terhadap kesehatan manusia."

Parker dan rekan penulis menyarankan bahwa penelitian lebih lanjut berbasis populasi, klinis dan kesehatan kerja diperlukan untuk lebih menentukan risiko hasil kesehatan yang merugikan. Mengidentifikasi populasi sensitif, fokus pada strategi yang adil dan merata untuk ketahanan juga adaptasi, dan menilai pengaruh faktor sosial pada hubungan antara paparan dan hasil kesehatan.