Ahli Ornitologi Menemukan Dua Spesies Baru Burung Matahari di Sulawesi

By Ricky Jenihansen, Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Burung matahari atau sunbird hitam jantan. (Nicola Marples & David Kelly, Trinity College Dublin)

Nationalgeographic.co.id — Ahli ornitologi dari Trinity College Dublin dan Universitas Halu Oleo telah mengidentifikasi beberapa spesies baru burung matahari. Burung berwarna-warni yang dijuluki 'Wakatobi Sunbird' (Cinnyris infrenatus) ini hidup di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Laporan lengkap penemuan ini telah dijelaskan dalam sebuah makalah di Zoological Journal of the Linnean Society dengan judul "Small islands and large biogeographic barriers have driven contrasting speciation patterns in Indo-Pacific sunbirds (Aves: Nectariniidae)."

Dijelaskan, burung matahari (Nectariniidae) adalah famili burung passerine atau burung pengicau kecil dengan sebaran yang terbentang dari Afrika barat hingga Australia timur. Burung-burung ini terlihat mirip dengan kolibri Amerika dan mengisi ceruk ekologi yang serupa.

Burung jantan sering memiliki bulu yang cerah, dengan bulu warna-warni yang bersinar di bawah sinar matahari. Burung matahari telah dikagumi oleh para naturalis selama berabad-abad.

Tidak hanya itu, bahkan lebih lama lagi oleh para seniman, burung matahari berpunggung zaitun digambarkan dalam relief di Candi Borobudur Jawa, berasal dari abad ke-8 atau ke-9 M, pencarian nektar atau sari bunga oleh burung ini mewakili pencarian Buddha untuk pencerahan.

Namun, peningkatan pengambilan sampel dan metode integratif modern baru sekarang mengungkapkan keragaman sejati dalam spesies ini. Dalam penelitian baru, peneliti Trinity College Dublin Fionn Marcaigh dan rekan mengidentifikasi spesies baru dalam genus Cinnyris.

Burung matahari yang baru ditemukan ini dinamakan Cinnyris infrenatus (nama umumnya adalah burung matahari Wakatobi), burung ini hidup di Kepulauan Wakatobi, sebuah kepulauan laut dalam di Provinsi Sulawesi tenggara.

Burung matahari atau sunbird Wakatobi jantan. (Nicola Marples & David Kelly, Trinity College Dublin)

Para peneliti juga memeriksa olive-backed sunbird (Cinnyris jugularis) dan black sunbird (Leptocoma aspasia), dan menemukan bahwa individu yang dinamai demikian sebenarnya milik beberapa spesies yang tidak dikenal.

"Salah satu temuan utama naturalis Inggris Alfred Russel Wallace disebut sebagai 'Garis Wallace'—batas antara laut dalam dan laut dangkal yang tidak dapat dilintasi banyak hewan, yang menyebabkan perbedaan mencolok pada spesies yang ditemukan di kedua sisinya," kata Marcaigh.

"olive-backed sunbird yang tersebar luas tampaknya merupakan pengecualian, ditemukan jauh dari Tiongkok ke Australia dengan Garis Wallace tepat di tengah jangkauannya."

 Baca Juga: Dunia Hewan: Melindungi Burung Terancam Punah dengan Kamuflase Kimia