Keseimbangan Risiko dan Nilai Ilmiah dalam Eksplorasi Planet Itu Utama

By Wawan Setiawan, Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Zoë, rover yang dikembangkan oleh Institut Robotika Universitas Carnegie Mellon, menguji teknologi otonom di padang pasir. Sebelum akhirnya mengembangkan rover untuk menjelajahi planet. (Carnegie Mellon University)

Nationalgeographic.co.id - Penjelajah Mars NASA berusaha untuk menemukan terobosan ilmiah saat mereka melintasi lanskap planet Mars. Pada saat yang sama, kru yang mengoperasikan rover melakukan semua yang mereka bisa untuk melindungi mereka dan miliaran dolar di belakang misi. Keseimbangan antara risiko dan nilai ilmiah yang didapat ini mendorong keputusan seputar ke mana para robot penjelajah pergi. Jalan mana yang harus mereka ambil untuk sampai ke sana dan ilmu yang harus mereka temukan.

Para peneliti di Institut Robotika Sekolah Ilmu Komputer (IR) telah mengembangkan pendekatan baru untuk menyeimbangkan risiko dan nilai ilmiah dari pengiriman penjelajah planet ke dalam situasi berbahaya.

David Wettergreen, seorang profesor riset di IR, dan Alberto Candela, yang meraih gelar Ph.D. dalam robotika yangn sekarang menjadi ilmuwan data di Jet Propulsion Laboratory NASA, akan mempresentasikan karya ilmiah mereka berjudul "An Approach to Science and Risk-Aware Planetary Rover Exploration," di Konferensi Internasional IEEE dan RSJ tentang Robot dan Sistem Cerdas akhir bulan ini di Kyoto, Jepang. Makalah ini juga diterbitkan dalam jurnal IEEE Robotics and Automation Letters.

"Kami melihat bagaimana menyeimbangkan risiko yang terkait dengan pergi ke tempat-tempat yang menantang dengan nilai dari apa yang mungkin Anda temukan di sana," kata Wettergreen, yang telah bekerja pada eksplorasi planet otonom selama beberapa dekade di Carnegie Mellon University. "Ini adalah langkah selanjutnya dalam navigasi otonom dan untuk menghasilkan data yang lebih banyak serta lebih baik untuk membantu para ilmuwan."

Untuk pendekatan mereka, Wettergreen dan Candela menggabungkan model yang digunakan untuk memperkirakan nilai sains dengan model yang memperkirakan risiko.

Nilai sains diperkirakan menggunakan keyakinan robot dalam interpretasinya terhadap komposisi mineral batuan. Jika robot yakin telah mengidentifikasi batu dengan benar tanpa memerlukan pengukuran tambahan, ia dapat memilih untuk menjelajahi tempat baru. Namun, jika kepercayaan robot rendah, ia mungkin memutuskan untuk melanjutkan mempelajari area saat ini dan meningkatkan model mineraloginya. Zoë, adalah penjelajah yang selama beberapa dekade telah menguji teknologi untuk otonom, menggunakan versi sebelumnya dari model ini selama eksperimen pada 2019 di gurun Nevada.

Peta ini menunjukkan kemungkinan rute yang direncanakan dengan pendekatan pemodelan baru untuk menyeimbangkan risiko pengiriman robot otonom ke tempat atau planet baru dengan nilai dari apa yang mungkin ditemukan di sana. (Carnegie Mellon University)

Para peneliti menentukan risiko melalui model yang menggunakan topografi medan dan jenis bahan penyusun medan untuk memperkirakan seberapa sulit bagi penjelajah untuk mencapai lokasi tertentu. Bukit terjal dengan pasir lepas dapat menghancurkan misi penjelajah—kekhawatiran nyata di Mars. Pada tahun 2004, NASA mendaratkan rover kembar, Spirit dan Opportunity, di Mars. Misi Spirit berakhir pada 2009 ketika ia terjebak di gundukan pasir dan rodanya tergelincir saat mencoba bergerak. Sedangkan Opportunity terus berjalan dan bekerja hingga 2018.

 Baca Juga: Akhirnya! Mars Perseverance Rover Dengan Aman Mendarat di Planet Merah

 Baca Juga: Robot Penjelajah NASA Menemukan Molekul Organik di Planet Mars

 Baca Juga: Dengan Mengukur Gempa, Peneliti Mencoba Membedah Isi Planet Mars

Wettergreen dan Candela menguji kerangka kerja mereka menggunakan data permukaan Mars yang sebenarnya. Pasangan ini mengirim rover simulasi yang berlarian di Mars menggunakan data ini, memetakan jalur yang berbeda berdasarkan berbagai risiko. Kemudian mengevaluasi ilmu yang diperoleh dari misi ini.