Apa Perbedaan Kehidupan Wanita Mesir Kuno dengan Romawi-Yunani Kuno?

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 28 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Wanita Mesir Kuno menikmati peran yang lebih seimbang dengan laki-laki dan memiliki lebih banyak kebebasan daripada perempuan dari masyarakat kuno lainnya. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id – Mesir kuno dimulai dari 3150 hingga 332 SM, sebelum dimulainya periode Yunani-Romawi dan Ptolemaik. Seperti dalam kebanyakan masyarakat kuno, wanita memiliki status sosial yang lebih rendah daripada pria. Namun, dibandingkan dengan situasi dari peradaban besar lainnya seperti masyarakat Yunani atau Romawi, perempuan Mesir memang memiliki sedikit lebih banyak kebebasan dan hak.

Peran wanita di Mesir pra-Ptolemeus adalah situasi yang kompleks di mana kita tidak dapat mengkualifikasikan mereka sebagai setara dengan pria. Meski begitu, para wanita ini menjalani kehidupan yang menarik dan menginspirasi untuk standar kuno dan karenanya patut ditelusuri: rata-rata wanita Mesir kuno bisa sama menariknya dengan Cleopatra.

Wanita Mesir di Mesir Pra-Ptolemeus

Perempuan Mesir secara teoritis berbagi status hukum dengan laki-laki, dapat memiliki properti, dan menikmati lebih banyak kebebasan yang kita kaitkan dengan kehidupan modern. Kebebasan mereka, bagaimanapun, datang dengan batasan tertentu. Misalnya, mereka tidak dapat memegang posisi administratif yang penting. Mereka hanya bisa ditempatkan di posisi kunci melalui hubungan mereka dengan laki-laki, sehingga menyoroti aspek patriarki masyarakat Mesir kuno.

Apa yang membedakan posisi perempuan Mesir di Mesir pra-Ptolemeus adalah kenyataan bahwa martabat sosial dipahami sebagai hasil dari status sosial, bukan gender. Oleh karena itu, konsepsi budaya ini memungkinkan perempuan untuk tidak begitu dibatasi oleh seksisme melainkan memanjat dan mengklaim status sosial yang sama dengan laki-laki. Hal terakhir ini dibuktikan dengan fakta bahwa hukum ekonomi dan hukum tidak menilai mereka berdasarkan jenis kelamin mereka tetapi status mereka, karena mereka dapat menuntut, mendapatkan kontrak, dan mengelola penyelesaian hukum termasuk perkawinan, perceraian, dan properti.

Apa yang Dilakukan Wanita Mesir Kuno di Mesir Pra-Ptolemeus?

Status sosial perempuan Mesir yang agak liberal ditunjukkan dengan banyaknya pekerjaan yang bisa mereka tempati. Mereka dapat bekerja di industri tenun, dalam musik, menjadi penatua profesional, ahli rambut, bekerja di industri rambut palsu, bekerja sebagai pengumpul harta, penulis, penyanyi wanita, penari, musisi, komposer, pendeta wanita, atau direktur kerajaan. Ada catatan seorang Nebet dari Kerajaan Lama yang bekerja sebagai wazir Firaun, sebuah jabatan pejabat tinggi yang menjadikan wanita ini sebagai tangan kanan dan penasehat Firaun yang paling terpercaya.

Industri musik sama menguntungkannya bagi wanita. Kasus duo musik pemain harpa Hekenu dan penyanyi Iti membuktikan hal ini dengan tepat: kedua wanita itu begitu populer di Mesir kuno sehingga orang-orang kaya menginginkan keduanya dicat di dalam kuburan mereka sehingga mereka dapat bernyanyi untuk mereka bahkan di alam baka.

Jika dibandingkan dengan wanita dari masyarakat kuno terkemuka lainnya, terutama peradaban Yunani dan Romawi, jelas bahwa wanita Mesir menikmati lebih banyak kebebasan. Mereka tidak terbatas pada rumah tangga seperti rekan-rekan kuno mereka lainnya tetapi dapat mengambil pekerjaan dan secara efektif mengejar karir di domain yang berbeda. Meski tidak sepenuhnya tanpa batas, sebagian besar perempuan memang memiliki kebebasan yang cukup untuk bergerak sesuka hati dan memiliki kehidupan di luar rumah tangga.

Wanita Pekerja di Mesir Pra-Ptolemeus

Mayoritas wanita Mesir dari zaman kuno adalah petani, sementara bangsawan hanya sebagian kecil dari populasi wanita. Perempuan petani membantu suami mereka dengan pekerjaan mereka, sering bekerja bersama mereka, sementara hanya perempuan kaya yang mampu memiliki pekerjaan yang lebih baik atau tidak bekerja sama sekali. Sudah biasa bagi seorang wanita aristokrat Mesir untuk bekerja sebagian besar di dekat rumahnya, mengawasi pelayan atau mengurus pendidikan anak-anaknya.

Wanita yang lebih kaya memiliki lebih banyak pilihan karena mereka dapat memiliki rumah tangga sendiri di mana mereka akan mempekerjakan pria dan wanita yang akan menjaga rumah tangga bersama. Menarik untuk dicatat bahwa dalam rumah tangga perempuan, perempuan lain akan memiliki peran administratif dan mengawasi rumah tangganya setelah dipekerjakan oleh pemiliknya. Dengan cara ini, wanita Mesir yang kaya dapat lebih mendedikasikan diri pada pekerjaan mereka masing-masing.