Mengenal Centurio, Perwira Elite Terbaik di Angkatan Darat Romawi Kuno

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Centurio adalah perwira militer yang terkenal karena pengalaman dan keberaniannya dalam pertempuran. Mereka adalah perwira elite terbaik di zaman Romawi kuno. (Wikipedia)

Nationalgeographic.co.id - Dunia kuno memiliki beberapa kekuatan militer yang mengesankan. Misalnya, Mesir terkenal dengan keretanya dan Yunani karena angkatan lautnya. Lalu bagaimana dengan bangsa Romawi kuno? Mereka terkenal dengan Angkatan daratnya, para legiuner. Untuk menilai kehebatan sebuah pasukan, kita harus melihat pemimpinnya. Dalam kasus pasukan Romawi, itu adalah centurio. pasukan elite Romawi. Siapa centurio, perwira elite terbaik di angkatan darat Romawi kuno itu?

Siapa centurio?

Centurio adalah perwira militer yang terkenal karena pengalaman dan keberaniannya dalam pertempuran. Ketika situasi menjadi sulit, legiun biasa beralih ke centurio mereka.

Setiap Centurio memimpin satu unit legiun yang berjumlah kira-kira seratus. Centurio akan memberikan tugas, hukuman, dan melaksanakan berbagai tugas administrasi.

Seorang centurio tidak melulu berada di garis depan medan pertempuran. Setelah masa pelayanannya selesai, centurio yang sukses akan menjadi administrator tingkat tinggi di kekaisaran. “Meski tidak glamor, posisi tersebut dinilai lebih aman,” tulis Robbie Mitchell di laman Ancient Origins.

Centurio pertama Romawi

Dalam tradisi Romawi, pangkat centurio dipegang oleh tentara pertama Romawi. Tentara Romawi pada pertengahan abad ke-8 Sebelum Masehi dipimpin Romulus. Dia dikatakan memiliki 3.000 pasukan di bawah komandonya, yang dipimpin oleh 30 centurio.

Sejarawan Yunani dari abad ke-1 Sebelum Masehi, Dionysus, menceritakan kisah yang berbeda. Menurutnya, centurio berasal dari Etruria. Diciptakan oleh raja Etruria Roma, Servius Tellius, pangkat itu diberikan kepada pasukan paling berani.

Pada kenyataannya, kemungkinan peran centurio dimasukkan ke dalam pasukan militer untuk membantu mengendalikan tentara Romawi yang terus berkembang.

 Baca Juga: Silau akan Harta, Alasan Mengapa Orang Romawi Sukses dalam Peperangan

 Baca Juga: Pengepungan Tirus, Jejak Alexander Mengubah Pulau Jadi Semenanjung

Centurio diharapkan untuk berada di posisi terdepan selama pertempuran. “Mereka memimpin sambil memberikan contoh yang baik,” tambah Mitchell. Maka tidak heran jika tingkat kematian seorang centurio itu tinggi.