Mengapa Kebahagiaan Lebih Cepat Berlalu dan Tidak Bertahan Lama?

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 30 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Adaptasi hedonis tidak mempengaruhi tingkat kebahagiaan jangka panjang kita. (Helena Lopez)

Nationalgeographic.co.id – Siapa yang tidak ingin bahagia? Di pikiran kita mungkin masih bertanya-tanya apa yang diperlukan untuk menemukan kebahagiaan dan mempertahankannya selama sehari, setahun, atau seumur hidup.

Beberapa sumber kebahagiaan sangat cepat atau sementara. Yang lain, seperti menjalin hubungan dekat, lalu menghilang. Ini benar-benar dapat mengubah kebahagiaan Anda.

Menurut penelitian, orang yang paling bahagia adalah mereka yang telah membangun hubungan yang mendukung.

Ketika Kebahagiaan Tidak Bertahan

Beberapa jenis kebahagiaan lebih cepat berlalu atau lebih tahan lama daripada yang lain. Namun, penelitian tentang topik tersebut mungkin tidak terlalu menggembirakan, karena sering kali berfokus pada apa yang dikenal sebagai adaptasi hedonis atau treadmill hedonis. Ungkapan itu mengingatkan semacam roda kesia-siaan hamster, lari terus-menerus menuju sesuatu yang lebih baik sambil berguling kembali ke tempat awal dan tidak pernah benar-benar membuat kemajuan.

Adaptasi hedonis pertama kali didefinisikan pada tahun 1971 oleh Brickman dan Campbell dalam sebuah artikel berjudul "Relativisme Hedonis dan Perencanaan Masyarakat yang Baik". Ini mengacu pada kecenderungan khas manusia untuk kembali ke tingkat kebahagiaan atau ketidakbahagiaan yang cukup stabil, apa pun yang terjadi dalam hidup mereka.

Dengan kata lain, bahkan jika Anda cukup beruntung untuk mendapatkan kenaikan gaji, atau kesempatan untuk berlibur yang telah lama direncanakan akhirnya tiba, atau orang yang Anda dambakan tiba-tiba naksir Anda, ledakan kebahagiaan yang Anda rasakan. 

Cara lain untuk memikirkannya mungkin agak lebih positif. Coba pikirkan dalam kerangka pemulihan dari kesedihan. Daya tahan hedonis, sebuah istilah dari sebuah artikel oleh Tennant dan Hsee (2017), menekankan keberlanjutan tingkat dasar kebahagiaan yang umumnya bertahan bahkan setelah masalah atau kesulitan serius.

Dilihat dengan cara ini, treadmill hedonis mungkin sebenarnya menunjukkan ketahanan atau ketabahan manusia. Jika kita tahu bahwa kejadian yang menyebabkan kesedihan atau kemarahan yang serius hari ini akan hilang besok, meninggalkan perasaan yang kira-kira sama seperti kemarin, mungkin akan lebih mudah bagi kita untuk melewati masa-masa sulit.

Sepertinya masuk akal untuk mengenali bahwa ledakan kebahagiaan yang berasal dari pengalaman indrawi atau sensasi fisik biasanya bersifat sementara. Penelitian menegaskan hal ini dan juga menunjukkan bahwa meskipun kebanyakan dari kita dapat menikmati kebaruan situasi baru—seperti hadiah, aplikasi baru yang trendi, atau makanan penutup yang belum pernah kita coba sebelumnya—saat-saat bahagia ini tidak berlangsung lama.

 Baca Juga: Inilah Alasan Sains Mengapa Banyak Orang Bahagia dan Suka Bepergian

 Baca Juga: Senyum Adalah Sedekah dan Ibadah, Ternyata Ini Alasannya Menurut Sains