Mengisi Nuansa Halloween, ESO Memotret Sisa 'Hantu' Bintang Raksasa

By Wawan Setiawan, Rabu, 2 November 2022 | 15:19 WIB
Permadani warna yang indah, menunjukkan sisa-sisa hantu bintang raksasa, ditangkap dengan detail yang luar biasa dengan VLT Survey Telescope, yang diselenggarakan di situs Paranal European Southern Observatory di Chili. (ESO/VPHAS+ team.)

Nationalgeographic.co.id - Supernova adalah salah satu peristiwa paling spektakuler di alam semesta: ledakan luar biasa dari bintang sekarat yang meninggalkan nebula gas dan materi bintang yang rumit dan berwarna-warni di belakangnya. Maka, tepat bahwa European Space Observatory (ESO) baru saja merilis gambar halus dari sisa supernova Vela untuk Halloween.

Jenis hantu bintang ini dapat terlihat seperti banyak hal bagi banyak pengamat yang berbeda, tetapi sifat spektralnya pasti sesuai dengan suasana musim. "Struktur filamen seramnya membangkitkan hal yang berbeda bagi anggota tim kami yang berbeda, dari jaring laba-laba yang rumit hingga hantu yang halus," tutur Juan Carlos Munoz-Mateos, juru bicara ESO, mengatakan kepada Space. "Bagi saya penampakan hantu ini sangat puitis, karena kita benar-benar melihat sisa-sisa bintang yang sudah lama hilang, jadi metafora ini bekerja baik secara visual maupun dari sudut pandang astrofisika."

Permadani warna yang indah ini menunjukkan sisa-sisa hantu bintang raksasa. Gambar ini ditangkap dengan detail yang luar biasa menggunakan Teleskop Survei VLT, yang diselenggarakan di situs Paranal ESO di Cili. ESO telah memotret 'hantu' di luar angkasa.

Struktur tipis awan merah muda dan oranye tersebut adalah satu-satunya yang tersisa dari bintang masif yang mengakhiri hidupnya dalam ledakan dahsyat sekitar 11.000 tahun yang lalu. “Ketika bintang paling masif mencapai akhir hidupnya, mereka seringnya meledak dalam ledakan yang disebut supernova,” kata peneliti.

Ledakan itu yang pada akhirnya menyebabkan gelombang kejut yang bergerak melalui gas di sekitarnya, menekannya dan menciptakan struktur seperti benang yang rumit. Energi yang dilepaskan memanaskan sulur-sulur gas, membuatnya bersinar terang, seperti yang terlihat pada gambar tersebut.

Teleskop Survei VLT (VST) di Cerro Paranal. VST adalah teleskop canggih setinggi 2,6 meter yang dilengkapi dengan OmegaCAM, kamera monster 268 megapiksel CCD dengan bidang pandang empat kali luas bulan purnama. Ini akan mengamati langit cahaya tampak. (ESO/G. Lombardi)

Dalam gambar 554 juta piksel ini, ESO mendapatkan tampilan yang sangat detail dari sisa supernova Vela, diberi nama berdasarkan konstelasi selatan Vela (The Sails). Anda dapat memasukkan sembilan Bulan purnama di seluruh gambar ini, dan seluruh awan bahkan lebih besar. Hanya berjarak 800 tahun cahaya dari Bumi, sisa supernova yang dramatis ini adalah salah satu yang paling dekat dengan kita.

 Baca Juga: Menganalisis Ledakan Supernova, Menghitung Energi dan Materi Gelap

 Baca Juga: Bukan Tanda Supernova, Misteri Redupnya Betelgeuse Akhirnya Terungkap

 Baca Juga: Ledakan Bintang Sebabkan Kepunahan Massal di Bumi 2,6 Juta Tahun Lalu?

Saat meledak, lapisan terluar dari bintang nenek moyang dikeluarkan ke gas di sekitarnya, menghasilkan filamen spektakuler yang kita amati di sini. Yang tersisa dari bintang adalah bola ultra-padat di mana proton dan elektron dipaksa bersama menjadi neutron—sebuah bintang neutron. Bintang neutron di sisa Vela, ditempatkan sedikit di luar gambar ini di kiri atas. Kebetulan merupakan pulsar yang berputar pada porosnya sendiri dengan kecepatan luar biasa lebih dari 10 kali per detik.

Gambar ini adalah mosaik pengamatan yang diambil dengan kamera medan lebar OmegaCAM di VLT Survey Telescope (VST), yang diselenggarakan di Observatorium Paranal ESO di Cili. Kamera 268 juta piksel dapat mengambil gambar melalui beberapa filter yang memungkinkan cahaya warna berbeda. Dalam gambar khusus sisa Vela ini empat filter berbeda digunakan, diwakili di sini dengan kombinasi magenta, biru, hijau, dan merah.

VST dimiliki oleh Institut Nasional untuk Astrofisika di Italia, INAF. Dengan cermin 2,6 meternya, ini adalah salah satu teleskop terbesar yang didedikasikan untuk mengamati langit malam dalam cahaya tampak.

Gambar ini adalah contoh dari survei semacam itu: the VST Photometric H? Survey of the Southern Galactic Plane and Bulge (VPHAS+). Selama lebih dari tujuh tahun, survei ini telah memetakan sebagian besar galaksi rumah kita, memungkinkan para astronom untuk lebih memahami bagaimana bintang terbentuk, berevolusi, dan akhirnya mati.