Kisah Tragis Neaera, Anak Budak Athena yang Dibesarkan di Rumah Bordil

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 2 November 2022 | 13:00 WIB
Pasar Budak' (1882) oleh Gustave Boulanger. Dari masa kecilnya sebagai budak, Neaera dilatih untuk kehidupan pelacur Yunani Klasik. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Neaera adalah seorang wanita dari Athena Yunani kuno abad keempat SM yang hidupnya penting dan menyedihkan. Namun layak untuk diingat, tetapi mungkin tidak pernah ditampilkan dalam film biografi.

Mungkin lahir di Korintus, tempat dia tinggal setidaknya sejak usia muda, Neaera dibesarkan oleh seorang penjaga rumah bordil atau rumah pelacuran bernama Nicarete.

Neaera dibesarkan menjadi seorang pelacur. Kesulitannya adalah karena dia diperbudak oleh Nicarete. Meskipun tidak tahu alasannya, anak terlantar adalah hal biasa di zaman kuno. Orang tua bayi Neaera, untuk alasan apa pun, meninggalkannya pada takdir, mati karena terpapar atau dikumpulkan oleh orang asing. Sejak usia muda, Neaera dilatih oleh Nicarete untuk kehidupan hetaira, istilah Yunani kuno untuk pelacur. Nicarete-lah yang juga menamainya, memberinya gelar pelacur yang khas, Neaera yang berarti yang segar.

Sumber-sumber kuno mengungkapkan kehidupan Naeara di rumah bordil. Dalam pidato hukum oleh politisi dan orator forensik Athena, Apollodorus, uraian berikut diberikan:

Ada tujuh gadis muda yang dibeli ketika mereka masih kecil oleh Nicarete ... Dia memiliki bakat untuk mengenali potensi kecantikan gadis kecil dan tahu bagaimana membesarkan mereka dan mendidik mereka dengan keahlian—karena dari sinilah dia telah membuat profesi dan dari sinilah mata pencahariannya."

Dia menyebut mereka 'putri' sehingga, dengan menampilkan mereka sebagai anak bebas, dia bisa mendapatkan harga tertinggi dari pria yang ingin berhubungan seks dengan mereka. Setelah itu, ketika dia menikmati keuntungan dari masa muda mereka, dia menjual semuanya.

Alasan perjalanan dari Apollodorus adalah kasus pengadilan yang diajukan terhadap Neaera sekitar tahun 343 SM. Neaera berusia sekitar 50 tahun pada saat penuntutannya, yang berlangsung di Athena.

Perdagangan dan Penyalahgunaan

Seorang pria dan seorang pelacur berbaring di bangku selama perjamuan. (Marie-Lan Nguyen)

Keadaan persidangannya rumit, melibatkan pembelian, penjualan, perdagangan, dan penyalahgunaan Neaera sejak usia sangat muda. Mengumpulkan bukti dari pidato penuntutan Apollodorus. Bukti dari pidato itu berjudul Against Neaera, ternyata dua kliennya, yang berbagi kepemilikan bersamanya, mengizinkannya untuk membeli kebebasan Neaera sekitar 376 SM.

Setelah itu, dia pindah ke Athena dengan satu Phrynion, tetapi perlakuan brutalnya itu membuat Neaera pergi ke Megara, di mana keadaan menyebabkan Neaera kembali ke pekerjaan seks.

Intrik lebih lanjut yang melibatkan laki-laki dan pekerja seks membuat Neaera akhirnya menghadapi persidangan atas tuduhan palsu mewakili dirinya sebagai wanita Athena bebas, dengan berpura-pura menikah dengan warga negara.