Dunia Hewan: Spesies Baru Lebah Ini Memiliki 'Moncong' Seperti Anjing

By Ricky Jenihansen, Kamis, 3 November 2022 | 15:00 WIB
Leioproctus zephyr. (Kit Prendergast)

Nationalgeographic.co.id—Peneliti dari Curtin University telah mendeskripsikan spesies lebah baru yang memiliki 'moncong' seperti anjing yang ditemukan di semak belukar di Perth. Temuan ini telah memberi cahaya baru pada penyerbuk terpenting kita.

Deskripsi lengkap penemuan tersebut telah mereka publikasikan dalam Journal of Hymenoptera Research. Jurnal akses terbuka tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Leioproctus zephyr Prendergast (Hymenoptera, Colletidae, Leioproctus), an oligoletic new bee species with a remarkable clypeu."

Spesies lebah baru in dinamai Leioproctus zephyr, nama yang merujuk kepada anjing peliharaannya yang bernama Zephyr. Peneliti dari Curtin University memberi nama tersebut setelah melihat bagian yang menonjol dari wajah serangga itu tampak mirip dengan moncong anjing.

Tidak hanya itu, nama tersebut juga untuk mengakui peran anjingnya dalam memberikan dukungan emosional selama pendidikan doktoralnya.

Dijelaskan, spesies lebah yang baru dideskripsikan milik Leioproctus, merupakan genus kaya spesies dalam keluarga lebah plester Colletidae. Genus ini terdiri dari lebih dari 300 spesies lebah yang dikelompokkan menjadi 35 subgenera.

"Spesies baru Leioproctus zephyr dideskripsikan dari kedua jenis kelamin. Fitur morfologi diagnostik ini hadir pada kedua jenis kelamin, bersama dengan berbagai karakter khas lainnya termasuk alat kelamin jantan, dan morfologinya dengan jelas membedakan spesies ini dari semua Leioproctus lainnya," tulis peneliti.

Mereka terutama ditemukan di wilayah Australia dan terutama daerah beriklim Amerika Selatan. "Saya senang berperan dalam membuat Leioproctus zephyr dikenal dan menamakannya secara resmi,” kata Prendergast dari Curtin University.

"Serangga pada umumnya sangat beragam dan sangat penting, namun kami tidak memiliki deskripsi ilmiah atau nama untuk begitu banyak dari mereka."

Ia menjelaskan, bahwa Leioproctus zephyr memiliki distribusi yang sangat terbatas, hanya terjadi di tujuh lokasi di seluruh barat daya Australia Barat hingga saat ini, dan belum dikumpulkan dari lokasi aslinya.

"Mereka sama sekali tidak ada di taman perumahan dan hanya ada di lima sisa hutan semak perkotaan yang saya survei, di mana mereka mencari makan di dua spesies tanaman Jacksonia," kata Prendergast.

Tampak atas Leioproctus zephyr. (Kit Prendergast)

"Tidak hanya spesies ini cerewet, mereka juga memiliki clypeus yang terlihat seperti moncong. Oleh karena itu, saya menamai mereka setelah anjing saya Zephyr."