Kehidupan Yunani Kuno: Jika Tak Punya Anak, Hidup Akan Mengenaskan

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 5 November 2022 | 13:32 WIB
Jika seorang lanjut usia Yunani kuno tidak mampu atau tidak memiliki anak, maka ia harus hidup dalam keadaan yang mengenaskan sampai kematiannya. (Hoika Mikhail)

Nationalgeographic.co.id - Di Yunani kuno, orang tua dijunjung tinggi. Namun, hidup tidak mudah bagi orang tua pada zaman kuno. Mereka sering mengandalkan kekayaan dan dukungan dari putra-putra mereka untuk memiliki kehidupan nyaman di tahun-tahun berikutnya. Jika seorang lanjut usia tidak mampu atau tidak memiliki anak, maka ia harus hidup dalam keadaan yang mengenaskan sampai kematiannya.

Minat Filsuf dalam Kondisi Mental

Para profesional medis di Yunani kuno memiliki sedikit minat pada orang tua di negara bagian itu. Para filsuf, di sisi lain, menunjukkan minat pada kondisi mental orang tua. Ini karena banyak dari mereka hidup sampai usia yang sangat tua. Orator dan politisi Romawi yang hebat Cicero menulis sebuah dialog tentang usia tua, De Senectute, tak lama sebelum dia dibunuh pada usia 62 tahun. Karyanya banyak diambil dari filsafat Yunani.

Cicero menempatkan ide-idenya yang paling penting ke dalam mulut seorang Romawi yang terkenal dan sangat dihormati bernama Cato the Elder, yang mengeklaim bahwa kemurungan, keragu-raguan, dan kegelisahan adalah keadaan pikiran yang sama sekali tidak terbatas pada orang tua. “Usia tua,” lanjutnya, “jauh dari lambat dan lemah, beberapa orang tidak pernah berhenti belajar; betapapun tuanya mereka.”

Model Stereotip Zaman Tua di Yunani Kuno

Mirip dengan zaman sekarang, orang Yunani kuno memiliki model stereotip usia tua. Salah satu potret usia tua yang paling berkesan dalam sastra Yunani adalah potret kepala suku Yunani tua Nestor dalam Iliad. Salah satu karya Homer yang paling penting, itu mencerminkan betapa banyak orang Yunani akan menganggap orang tua. Nestor cerewet, bertele-tele, dan cenderung mengingat masa lalu yang panjang. Dia suka menyanyikan pujiannya sendiri dan agak kritis terhadap generasi muda.

Potret Wanita Lansia oleh Aristophanes

Ada potret stereotip orang tua lainnya dalam sastra Yunani. Yang paling kejam adalah potret wanita tua yang digambar oleh dramawan komik Aristophanes. Aristophanes secara konsisten menggambarkan wanita tua sebagai kurang dari hina dalam kerinduan mereka untuk perhatian seksual. Salah satu contohnya dapat dilihat dalam The Assembly of Women.

 Baca Juga: Bagai Pedang Bermata Dua, Kekuatan Sparta Jadi Penyebab Kejatuhannya

 Baca Juga: Aristoteles di Yunani Kuno: Lyceum Sebagai Tempat Belajar untuk Umum

 Baca Juga: Berbeda dengan Dunia Akademik Modern, Simposium Kuno Adalah Pesta!

Dalam karya ini, Aristophanes menunjukkan tiga wanita tua yang bertengkar satu sama lain tentang siapa di antara mereka yang pertama kali dapat berhubungan seks dengan seorang pria muda. Mereka juga bersikeras bahwa pemuda itu memuaskan mereka semua sebelum dia bisa mendapatkan jalan dengan seorang gadis muda yang dia inginkan. Karya Aristophanes menimbulkan pertanyaan apakah orang Athena benar-benar percaya bahwa tidak bermoral dan menjijikkan bagi wanita tua untuk mengalami hasrat seksual. Ini adalah lelucon yang paling tidak menyenangkan sejauh ini di seluruh komedi Athena.