Ramses II, Firaun Mesir Kuno Punya Lebih dari 200 Selir dan 100 Anak

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 6 November 2022 | 08:00 WIB
Patung granit Ramses II, Kuil Luxor (CL-Medien )

Nationalgeographic.co.id - Ramses II yang memerintah 1279-1213 SM tidak diragukan lagi adalah Firaun terbesar dari Dinasti ke-19. Firaun ini paling dikenang karena eksploitasinya di Pertempuran Kadesh, warisan arsitekturnya, dan membawa Mesir ke zaman keemasannya. Di bawah pemerintahannya, kerajaan Mesir berkembang dan makmur. Berikut adalah 9 fakta tentang Ramses II.

  1. Keluarganya berasal dari non-kerajaan

Ramses II lahir pada 1303 SM dari Firaun Seti I dan istrinya, Ratu Toya. Keluarganya berkuasa beberapa dekade setelah kekuasaan Akhenaten (1353-36 SM). Ramses dinamai kakeknya, Firaun besar Ramses I, yang membawa keluarga biasa mereka ke jajaran bangsawan melalui kecakapan militernya.

Ramses II berusia 5 tahun ketika ayahnya naik takhta. Kakak laki-lakinya berada di urutan pertama yang berhasil, dan tidak sampai kematiannya pada usia 14 tahun Ramses dinyatakan sebagai pangeran bupati. Sebagai putra mahkota muda, Ramses menemani ayahnya dalam kampanye militernya, sehingga ia akan mendapatkan pengalaman kepemimpinan dan perang. Pada usia 22, ia memimpin tentara Mesir sebagai komandan mereka.

  1. Lolos dari kematian di Kadesh

Pada 1275 SM, Ramses II memulai kampanye untuk merebut kembali provinsi-provinsi yang hilang di utara. Pertempuran terakhir dari kampanye ini adalah Pertempuran Kadesh, yang terjadi pada 1274 SM melawan Kekaisaran Het di bawah Muwatalli II.

Ini adalah pertempuran paling awal yang tercatat dengan baik dalam sejarah dan melibatkan sekitar 5.000 hingga 6.000 kereta, menjadikannya mungkin pertempuran kereta terbesar yang pernah terjadi. Ramses bertempur dengan gagah berani, namun dia kalah jumlah dan terperangkap dalam penyergapan oleh tentara Het dan lolos dari kematian di medan perang.

  1. Dia dikenal sebagai Ramses yang Agung

Sebagai Firaun muda, Ramses bertempur dalam pertempuran sengit untuk mengamankan perbatasan Mesir melawan orang Het, Nubia, Libya, dan Suriah. Dia terus memimpin kampanye militer yang menghasilkan banyak kemenangan, dan dikenang karena keberanian serta kepemimpinannya yang efektif atas tentara Mesir.

Selama masa pemerintahannya, tentara Mesir diperkirakan berjumlah sekitar 100.000 orang. Dia juga seorang pemimpin yang sangat populer. Penerusnya dan kemudian orang Mesir memanggilnya ‘Leluhur Hebat’. Begitu besar warisannya sehingga 9 Firaun berikutnya mengambil nama Ramses untuk menghormatinya.

  1. Dia menyatakan dirinya sebagai dewa

Pada tahun ke-30 pemerintahannya, Ramses secara ritual diubah menjadi dewa Mesir. 14 festival sed diadakan selama seluruh pemerintahannya. Setelah dinyatakan sebagai dewa, Ramses mendirikan ibu kota baru, Pi-Ramesses, di Delta Nil dan menggunakannya sebagai basis utama untuk kampanyenya di Suriah.

  1. Arsitektur Mesir berkembang di bawah pemerintahannya

Ramses mendirikan lebih banyak patung kolosal dirinya daripada Firaun lainnya. Dia juga terpesona dengan arsitektur, membangun secara luas di seluruh Mesir dan Nubia. Pemerintahannya melihat sejumlah besar prestasi arsitektur, dan pembangunan dan rekonstruksi banyak kuil, monumen dan struktur.

 Baca Juga: Lipstik di Zaman Kuno, 'Ciuman Kematian' yang Mempercantik Wanita

 Baca Juga: Makam Bendahara Kerajaan Firaun Mesir Ditemukan di Nekropolis Saqqara

 Baca Juga: Sekilas Detail Pada Mumi Amenhotep I Terungkap Dalam CT Scan