Mengapa Keberadaan Simpanse Sering Disamakan dengan Manusia?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 7 November 2022 | 16:00 WIB
Simpanse adalah salah satu pengguna alat yang paling mahir di alam (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Simpanse adalah kerabat terdekat manusia yang masih hidup. Secara tidak langsung, kita telah mempelajari pelajaran tertentu tentang diri kita dari mempelajari simpanse. Tapi simpanse tidak bisa menunjukkan kepada kita segalanya tentang diri manusia. Jika kita menganggapnya sebagai refleksi, kita cenderung mengabaikan apa yang unik dan menarik dari simpanse, serta apa yang unik dan menarik tentang diri kita sendiri.

Kedekatan Hubungan Simpanse dan Manusia

Ada beberapa poin yang mendukung pemikiran bahwa perilaku simpanse relevan dengan kita sendiri. Pertama, nenek moyang mereka terkait dengan kita dan genetika kita memang sangat mirip. Selain kita, kera (gorila, orangutan, dan simpanse) adalah satu-satunya yang tersisa dari seluruh garis keturunan Hominidae kita. Jadi, di satu sisi, hanya mereka yang kita miliki.

Manusia dan simpanse juga tampak serupa dalam hal tubuh dan perilaku mereka. Misalnya, mereka kebanyakan melahirkan anak tunggal, dan kemudian ibu merawat anak itu untuk waktu yang lama, termasuk menyusui selama beberapa tahun hanya dari dua puting susu. Kesamaan itu bisa menggoda.

Namun, gajah juga melakukan hal itu. Mereka juga memiliki kerabat yang tampaknya, bagi banyak dari kita, tidak dapat dibedakan. Dua jenis utama gajah (Afrika, dan Asia) menyimpang satu sama lain secara evolusioner sekitar 7 juta tahun yang lalu. Mereka adalah spesies yang sangat berbeda, dan tidak ada anak persilangan yang diketahui pernah bertahan. Namun, banyak orang menganggap gajah pada dasarnya sama.

Kita menyimpang dari nenek moyang kita yang sama dengan simpanse hanya 6 juta tahun yang lalu—jadi dari segi waktu, masuk akal jika kita melihat diri kita di dalamnya, melintasi celah yang sangat sempit. Pemisahan genetik memang tipis: Simpanse lebih dekat hubungannya dengan kita, dan kita dengan mereka, daripada kita berdua dengan gorila (karena simpanse memiliki lebih banyak kromosom daripada kita, tidak mungkin kawin silang).

Simpanse dan Manusia Berbeda

Namun setidaknya ada empat alasan untuk berhati-hati dalam menafsirkan diri kita sendiri melalui lensa simpanse.

Pertama, simpanse bukanlah 'mantan kita', seolah-olah evolusi membeku bagi mereka 6 juta tahun yang lalu sementara evolusi terus berlanjut untuk setiap spesies lain di planet ini. Cukup banyak yang telah terjadi pada tahun-tahun berikutnya, dan simpanse berada jauh dari nenek moyang bersama seperti kita.

Kedua, ada perbedaan besar di antara kera modern. Bahkan ada perbedaan di antara spesies simpanse itu sendiri dalam hal perilaku sosial (seperti ikatan pasangan vs pergaulan bebas) dan organisasi sosial (matriarki vs patriarki, misalnya). Perbedaan tersebut tercermin dalam bentuk tubuh mereka, yang sangat berbeda meskipun faktanya kebanyakan kera liar hidup di lingkungan alam yang serupa. Gorila jantan memiliki berat sekitar 400 pon, misalnya, dan orangutan betina memiliki berat sekitar 80.

Ketiga, sulit untuk menggambarkan perilaku simpanse universal. Komunitas simpanse yang berbeda berperilaku berbeda, karena berbagai alasan—salah satunya adalah seperti apa lingkungan mereka. Apakah mereka menggunakan tongkat sebagai alat? Tergantung pada apakah mereka tinggal di dekat rayap. Apakah mereka berpegangan tangan di atas kepala mereka saat mereka saling merawat? Tergantung apa yang dilakukan ibu mereka.

Tanpa cara berperilaku simpanse yang homogen, sulit untuk membandingkan simpanse dengan manusia. Apakah keberadaan, di suatu tempat, dari satu contoh sesuatu berarti simpanse melakukan itu? Berapa persen dari mereka yang perlu melakukannya sebelum kita dapat mengatakan bahwa itu mencirikan bagaimana simpanse? Kesulitan yang sama muncul dalam menemukan perilaku manusia yang universal.