Mengapa Para Ilmuwan Masih Terus Berjuang Mencari Kehidupan Alien?

By Utomo Priyambodo, Kamis, 10 November 2022 | 12:00 WIB
Apakah kehidupan alien yang cerdas benar-benar ada di luar Bumi? (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Dari sekian banyak pilihan penelitian dan eksplorasi yang bisa dilakukan, mengapa sampai hari ini sebagian ilmuwan masih terus berusaha mencari kehidupan alien di luar angkasa? Kehidupan asing berupa mikroba kecil mungkin jauh lebih umum bisa ditemukan di galaksi kita, tapi mengapa para ilmuwan masih berharap bisa menemukan kehidupan alien yang cerdas.

Paul M. Sutter, astrofisikawan di SUNY Stony Brook and the Flatiron Institute di New York City, pernah menulis di Space.com bahwa kehidupan, termasuk kehidupan cerdas, berevolusi di Bumi. Namun seharusnya tidak ada sesuatu yang luar biasa tentang planet kita; itu hanya dunia acak lain di galaksi.

"Jadi jika kehidupan cerdas terjadi di sini, itu pasti sangat umum — cukup umum sehingga kita harus melihat tanda-tanda peradaban asing di semua tempat," tulisnya.

Sutter menjelaskan bahwa ini adalah inti dari paradoks Fermi yang terkenal, dan itu adalah argumen utama yang digunakan untuk mendorong pencarian kecerdasan ekstraterestrial (SETI). Sepintas, tampak jelas bahwa kita tidak mungkin sendirian di alam semesta. Jadi jika kita mencari cukup keras, menurut Sutter, kita akan melihat bukti kecerdasan itu.

"Mungkin alien meledakkan sinyal radio untuk kita dengarkan. Mungkin mereka biasanya hanya meledakkan radio, dan kita kebetulan mengambilnya," kata Sutter.

"Mungkin mereka telah meninggalkan artefak di tata surya, yang dirancang untuk memantau kita atau hanya berkeliaran. Mungkin mereka akan terlibat dalam proyek mega-engineering, seperti mengurung bintang mereka ke dalam serangkaian panel surya. Atau mungkin mereka hanya akan bermain-main dan mencemari bintang mereka dengan logam berat untuk mengumumkan kehadiran mereka."

  

Baca Juga: Mengapa Tidak Ada yang Menemukan Kehidupan di Luar Planet Bumi?

Baca Juga: Pencarian Kehidupan di Luar Bumi, Alien Mungkin Hidup di Planet Ini

Baca Juga: Astrofisikawan: Kita Perlu Berhenti Mencari Keberadaan 'Alien'

Baca Juga: Proyek Galileo: Pencarian Teknologi Alien di Tata Surya Kita